Bagikan:

JAKARTA - Platform KaryaKarsa, rumah bagi para storyteller (pencerita) baru saja merilis fitur terbarunya yang disebut “Karina: Teman Cari Ide” yang memungkinkan setiap kreator mendapat bantuan untuk bisa mengembangkan cerita dan produktif berkarya.

Berbasis API ChatGPT dirilis agar penulis bisa terbantu untuk mendapat ide membuat cerita, mengembangkan alur cerita, hingga menguatkan karakter penokohan dalam cerita dengan basis kecanggihan artificial intelligence (AI). 

"Perkenalkan fitur terbaru di KaryaKarsa yaitu “Karina: Teman Cari Ide”. Fitur ini tidak akan menuliskan cerita bagi para kreator, tetapi hanya membantu agar penulis bisa semakin produktif menghasilkan karya," ujar Ario Tamat, CEO KaryaKarsa dalam sebuah pernyataan yang diterima VOI di Jakarta, dikutip Minggu, 14 Mei. 

Lebih lanjut, Ario menjelaskan bahwa roadmap fitur ini sebenarnya sudah ada sejak 2022, tapi baru dikembangkan pada awal Maret 2023 dan sudah bisa digunakan para kreator sejak April 2023. 

Ario juga menepis ketakutan kreator jika keberadaan penulis terancam dengan kehadiran fitur berbasis AI. Fitur Karina telah membuktikan bahwa kecanggihan AI justru bisa membantu proses kreatif kreator. 

Lebih lanjut, fitur Karina membawa KaryaKarsa menjadi salah satu platform yang turut mewarnai tren penggunaan AI di Indonesia, sehingga para kreator bisa menggunakan dan mendapat manfaat dari teknologi terbaru dalam proses berkarya.

“Keunggulan utama dari fitur Karina ini adalah, kreator bisa bertanya apa saja seputar proses berkarya, dan Karina pasti akan menjawab. Mulai dari pertanyaan umum seperti latar tempat yang unik dan romantis dan alur cerita plot twist untuk kisah horor, sampai yang mendetail seperti ide sifat atau karakter tokoh laki-laki SMA di Bandung, misalnya,” ujar Ario. 

Jika bingung mencari pertanyaan yang tepat untuk ditanyakan pada Karina, Ario mengatakan bahwa di dalam fitur sudah tersedia template pertanyaan yang bisa digunakan. 

Setelah menemukan ide-ide yang cocok dari Karina untuk diterapkan ke cerita, maka kreator bisa menyimpan ide-ide tersebut dengan jumlah maksimal hingga 15 ide. Jadi, ide-ide yang didapat tidak akan hilang dan sewaktu-waktu bisa dibaca kembali sesuai kebutuhan.

Keunggulan lain dari fitur Karina adalah bisa diakses kapan saja, di mana saja. Hal ini bisa memenuhi kebutuhan para kreator yang mungkin baru aktif berkarya pada malam hari atau punya kebutuhan cari ide ketika sedang ada di luar rumah.

Untuk mengakses fitur Karina, kreator hanya perlu membayar 50 Kakoin (KaryaKarsa Koin) atau setara Rp5.000 per satu prompt atau perintah. Untuk mendapatkan Kakoin, pengguna dapat melakukan top up saldo menggunakan e-wallet, transfer bank, pengisian lewat minimarket terdekat, QRIS, sampai dengan pulsa.

Fitur Karina sudah bisa digunakan para kreator storyteller melalui KaryaKarsa versi web dan Android (iOS dalam tahap pengembangan).