Indodax Lakukan Proof of Reserve sebagai Pembuktian Keamanan Platformnya
Ilustrasi Indodax aman. (Indodax)

Bagikan:

JAKARTA - Fase market bearish pada tahun 2022 yang menyebabkan beberapa crypto exchange besar dunia bangkrut. Kebangkrutan bursa kripto besar yaitu FTX pada tahun lalu, sedikit banyak membuat atensi investor kripto, tak terkecuali CEO Indodax, Oscar Darmawan.

Sebagai Calon Pedagang Fisik Aset Kripto (CPFAK) lokal yang berdiri pertama kali di Indonesia, Indodax selalu mengedepankan keamanan aset member dan kenyamanan member untuk bertransaksi.

Dilatarbelakangi oleh hal tersebut, Indodax akhirnya memutuskan untuk melakukan audit Proof of Reserve (PoR) dan Perhitungan Kecukupan Likuiditas Perusahaan. 

"Di awal tahun ini, kami bekerjasama dengan auditor kenamaan Kreston Indonesia KAP Hendrawinata Hanny Erwin & Sumargo untuk melakukan audit ini. Ini merupakan salah satu bentuk konsistensi dan pembuktian kami kepada nasabah Indodax bahwa Indodax adalah crypto exchange terpercaya dan kami adalah crypto exchange yang memiliki likuiditas baik," jelas Oscar dalam pernyataan yang diterima VOI di Jakarta, pada Sabtu, 13 Mei. 

Dengan adanya hasil audit resmi ini, Oscar sebagai pelaku industri berharap crypto exchange lokal yang terdaftar di Bappebti lainnya juga bisa melakukan audit untuk menjamin likuiditas yang dimiliki oleh perusahaan.

"Saya yakin jika crypto exchange lokal sudah melakukan audit dan mengumumkan hasil auditnya, investor kripto dalam negeri akan semakin percaya dan memilih untuk bertransaksi di crypto exchange lokal yang sudah jelas keamanannya dari segi legalitas oleh pemerintah ataupun dari segi likuiditas yang dimiliki. Trust dan transparency adalah hal yang sangat penting di industri kripto," tambah Oscar.

Tidak hanya itu, Proof of Reserve Indodax pun sudah dapat diakses dengan bebas oleh siapapun di CoinMarketCap dan sudah terverifikasi. 

"Indodax merupakan satu satunya crypto exchange lokal yang sudah memberikan address tagging secara terbuka, reserve yang terverifikasi CoinMarketCap, dan melakukan audit dengan bekerjasama dengan Kantor Akuntan Publik," tutup Oscar.

Sebelumnya, Tokocrypto juga telah melakukan Proof of Reserves yang diaudit secara akurat, sebagai salah satu bukti komitmennya terhadap keamanan dan transparansi pengguna di tengah berkembang aset kripto yang sangat pesat.