JAKARTA - UENA, sebuah startup F&B online hiperlokal di Indonesia, mendapatkan pendanaan baru dengan nominal yang tidak disebutkan yang dipimpin oleh East Ventures, yang juga merupakan investor pada putaran pendanaan sebelumnya dan Trihill Capital, sebagai investor baru pada putaran pendanaan ini.
Pendanaan ini akan digunakan untuk terus mengembangkan lokasi dan layanan guna menjangkau semakin banyak pengguna dan pelanggan.
“Setelah menjalani dan mengimplementasi ide kami, kami merasa beruntung telah melihat validasi dari pasar. Mayoritas dari pesanan kami berasal dari pesanan ulang dan jumlah pesanan dari pelanggan loyal terus meningkat dari bulan ke bulan. Meskipun baru beroperasi kurang dari satu tahun, beberapa toko awal telah mencapai tahap break-even dan memiliki tingkat payback yang sehat. Pendanaan baru ini menambah kepercayaan kami untuk terus menangkap peluang yang baik kedepannya”, kata Alvin Arief, Co-Founder dan Chief Executive Officer UENA.
Sejak diluncurkan pada bulan Agustus 2022 oleh Alvin Arief dan Roy Yohanes (Co-Founder dan Chief Operating Officer), UENA telah membuka 7 lokasi dapur di Jakarta dan telah melayani lebih dari 300.000 porsi. Para pelanggan dapat memesan UENA secara langsung melalui aplikasi UENA atau melalui nomor WhatsApp UENA.
UENA tidak bergantung pada layanan pesan antar ojek online karena lebih dari 80 persen pesanan datang secara langsung. Setiap lokasi dapur hanya melayani radius hiperlokal 1 - 1.5 km dan menangani pengantaran secara internal untuk meminimalisir biaya dan waktu pengantaran. Pada umumnya, para pelanggan akan menerima pesanan dalam waktu 15 menit setelah melakukan pemesanan.
“Kami senang bisa kembali berinvestasi di UENA. Kami percaya terhadap masalah dan solusi yang difokuskan oleh Alvin dan Roy ketika pertama kali kami melakukan investasi. Setelah beberapa bulan, ide tersebut berubah menjadi sebuah keyakinan melalui respon yang didapatkan dari pasar. Kami sangat bersemangat untuk terus mendukung UENA dan berpartisipasi dalam inovasi di industri makanan sehari-hari di Indonesia,” kata Jordy Tenka, Investment Professional East Ventures.
BACA JUGA:
UENA bertujuan untuk menghadirkan solusi layanan makanan berkualitas dengan harga yang terjangkau melalui pengantaran online. UENA menggunakan format cloud kitchen (dapur awan) yang efisien serta memanfaatkan teknologi dan skala ekonomi untuk meningkatkan kualitas dan menekan harga pada saat yang bersamaan.
“Makanan sehari-hari adalah segmen yang sangat menarik dengan jumlah menu yang terbatas karena konsumen pada umumnya kembali ke beberapa menu pokok yang sama. Hal ini membuat jumlah volume yang tinggi pada masing-masing produk, di mana kami dapat memaksimalkan efisiensi operasional dan pembelian dalam jumlah yang besar,” kata Roy Yohanes, Co-Founder dan Chief Operating Officer UENA.
Di sisi lain, UENA tengah bersiap untuk melakukan ekspansi dan melipatgandakan lokasi dapur di Jakarta. Setiap lokasi dapur dihadirkan dengan kapital yang rendah, proses persiapan yang cepat, dan fleksibilitas dalam menggunakan ukuran ruangan yang beragam.
UENA juga akan terus menambahkan semakin banyak menu baru untuk meningkatkan pesanan berulang dari para pelanggan, guna mencakup berbagai waktu makan baik secara harian maupun beberapa hari sepanjang minggu.