Bagikan:

YOGYAKARTA - Dalam dunia fotografi terdapat berbagai trik foto, salah satunya adalah fotografi makro (macro photography). Trik fotografi ini dilakukan dengan memotret objek berukuran kecil dengan jarak pemotretan atau pengambilan gambar yang sangat dekat. Lantas apa itu fotografi makro dan bagaimana teknik melakukannya?

Fotografer yang memotret dengan trik fotografi makro akan memilih objek-objek berukuran kecil seperti binatang dan tumbuhan. Misalnya memotret semut, kupu-kupu, daun, jamur, dan sebagainya. Pengambilan objek kecil tersebut bertujuan untuk mengeksplorasi dan menampakkan detail dan tekstur yang tidak bisa dilihat dengan jelas oleh mata. 

Trik makro fotografi ini banyak diminati oleh para fotografer karena memberikan tantangan tersendiri dan membutuhkan kreativitas pengambilan gambar. Selain itu, alat yang dibutuhkan  pun juga berbeda dengan fotografi biasa. Lalu apa itu fotografi makro dan bagaimana triknya?

Apa Itu Fotografi Makro?

Fotografi makro adalah teknik fotografi dengan pengambila foto dalam jarak dekat untuk menciptakan detail objek kecil. Hasil teknik foto ini dapat menghasilkan gambar lebih besar dari ukuran aslinya tanpa memerlukan bantuan alat pembesar seperti mikroskop. Teknik ini biasanya digunakan untuk memotret hewan dan makhluk hidup lainnya yang berukuran kecil, dengan fokus pada detail subjek.

Misalnya asat memotret kumbang menggunakan teknik ini, Anda bisa melihat detail yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang, seperti tekstur, bentuk mata, dan mulut. Anda tidak hanya dapat mengambil foto makro dari makhluk hidup, tetapi juga benda mati. Misalnya, Anda bisa memotret mainan, peralatan makan, koin, dan tetesan air.

Alat untuk Fotografi Makro

Untuk mendapatkan hasil foto makro sesuai harapan, fotografer wajib memiliki beberapa alat yang dibutuhkan dalam fotografi makro, seperti:

Kamera

Kamera tentunya menjadi barang yang wajib dimiliki oleh setiap fotografer. Kamera yang biasanya digunakan fotografer untuk fotografi makro adalah kamera SLR atau DSLR khusus. Merek kamera SLR atau DSLR yang paling laris dan sangat berkualitas di pasaran adalah Canon dan Nikon. DSLR sendiri merupakan singkatan dari kata Digital Single Lens Reflect.

Lensa kamera

Sebuah kamera pasti memiliki lensa kamera. Lensa prima 50mm umumnya digunakan untuk fotografi makro.

Flash Trigger

Flash eksternal kamera ini tentunya tidak terpasang pada bodi kamera, melainkan terpasang secara terpisah dan membutuhkan flash trigger. Jika dibiarkan menempel pada bodi kamera, cahaya dari flash berisiko terhalang oleh lensa yang menerima alat tambahan untuk membuat foto makro.

Mini Tripod

Mini tripod befungsi sebagai alat bantu tambahan dalam fotografi. Mengambil foto makro membutuhkan konsentrasi dan fokus yang tinggi, sehingga minipod sangat dibutuhkan. 

Teknik dalam Fotografi Makro

Pencahayaan

Pada dasarnya, kebanyakan teknik fotografi membutuhkan pencahayaan yang baik agar gambar yang dihasilkan terlihat indah dan sesuai dengan harapan. Dalam fotografi makro, bergantung pada konsep dan subjeknya, sinar matahari langsung atau cahaya isian digunakan.

Atur fokus

Dalam fotografi makro, ini adalah hal tersulit bagi fotografer. Memastikan fokus stabil adalah tugas yang sulit bagi fotografer, sehingga gambar yang dihasilkan buram atau tidak fokus.

Makhluk hidup seperti hewan dan benda bergerak memburamkan lensa kamera dan membutuhkan kesabaran yang berlebihan. Tidak seperti benda mati yang diam, fotografer hanya perlu menentukan sudut dan pencahayaan untuk mendapatkan gambar yang maksimal.

Depth of Field

Depth of Field (DoF) atau Depth of Field memberikan ketajaman gambar dalam fotografi makro. Dengan kata lain, DOF sendiri mempertajam subjek utama dan menambahkan sedikit buram pada subjek.

Misalnya, objek percikan memiliki gambar tetesan air utama yang jelas dan beberapa tetesan air buram sebagai latar belakang tetesan air utama.

Selain memperhatikan dasar-dasar di atas, Anda juga membutuhkan alat untuk mempercantik objek makro Anda. Berikut alat-alat yang dibutuhkan seorang fotografer saat membuat gambar makro. teruslah membaca.Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.

Demikianlah ulasan mengenai apa itu fotografi makro dan teknik melakukannya. Fotografi makro merupakan trik untuk mengambil objek berukuran kecil seperti serangga, daun, dan benda-benda kecil lainnya.