Fungsi HDR Pada Kamera: Sering Dengar Tapi Gak Tahu?
Fungsi HDR Pada Kamera (foto; dok Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pelajari lebih lanjut tentang jangkauan dinamis tinggi dalam fotografi dan saat menggunakan pengaturan kamera ini untuk foto yang luar biasa. Dan tahukah Anda fungsi HDR pada kamera?

HDR adalah teknik foto yang, jika digunakan dengan benar, dapat memberikan suguhan visual dengan menambahkan lebih banyak detail di area terang dan gelap foto Anda. Mari selami apa arti pengaturan HDR dan kapan menggunakannya.

Fungsi HDR Pada Kamera

HDR Camera (Unsplash)

HDR adalah singkatan dari rentang dinamis tinggi. Sederhananya, ini adalah kisaran nada terang dan gelap di foto Anda. Mata manusia memiliki rentang dinamis yang sangat tinggi — itulah sebabnya kita dapat melihat detail baik dalam bayangan maupun sorotan. Mungkin sulit bagi kamera untuk menangkap jumlah detail yang sama karena jangkauannya sedikit lebih kecil.

Pengaturan kamera HDR: dulu dan sekarang.

Ketika istilah HDR pertama kali muncul, itu mengacu pada teknik yang disebut "bracketing". Teknik ini mencapai rentang dinamis yang lebih luas dengan mengambil gambar yang sama sebanyak tiga kali — satu pada pengaturan paling alami, ditambah dua lagi yang overexposed dan underexposed. Kemudian, perangkat lunak pengeditan memadukan ketiga gambar untuk menjaga detail dari sorotan paling terang hingga bayangan paling gelap.

Saat kita berbicara tentang HDR sekarang, maknanya sedikit berbeda, berkat kemajuan terkini dalam kamera digital. Banyak kamera sekarang memiliki pengaturan HDR bawaan. Ini berarti kamera akan mengambil tiga foto tetapi hanya menampilkan hasil perpaduan ketiganya — menyelamatkan Anda dari kerja keras.

Kapan menggunakan HDR?

Sebagai aturan umum, pengaturan kamera HDR berguna saat Anda kesulitan menyeimbangkan cahaya foto. Saat memotret fotografi lanskap, ini dapat membantu menunjukkan detail di mana matahari menerpa serta di mana bayangan jatuh.

Hindari HDR saat Anda ingin menangkap gerakan, seperti dalam fotografi olahraga. Jika tidak, Anda mungkin akan mendapatkan area yang sangat terang atau sangat gelap di dalam foto Anda. Dapatkan lebih banyak kiat foto untuk meningkatkan keterampilan fotografi Anda.

Setelah mengetahui fungsi HDR pada kamera, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!