Mengenal Teknik Pemeriksaan Scapula
Ilustrasi pemeriksaan bahu (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Teknik pemeriksaan scapula dalam radiografi adalah sebuah teknik yang dilakukan untuk mendapatkan gambar anatomis scapula. Dengan begitu tim medis dapat menegakkan diagnosa suatu penyakit maupun kelainan tertentu di bagian scapula sehingga pemicu gangguan kesehatan bisa diatasi.

Artikel ini akan membahas informasi umum tentang teknik pemeriksaan scapula, termasuk pengertian scapula secara umum.

Mengenal Teknik Pemeriksaan Scapula

Dilansir dari National Library of Medicine, skapula adalah tulang pipih berbentuk segitiga. Scapula juga biasa disebut dengan tulang belikat. Scapula ada di sekitar dada sisi atas di permukaan punggung tulang rusuk. Tulang ini jadi salah satu tulang utama yang membentuk bahu manusia.

Dalam karya ilmiah yang berjudul Prosedur Pemeriksaan Radiografi Scapula Pada Klinis Fraktur, Reza Syahrial menjelaskan bahwa scapula bisa mengalami gangguan, salah satu yang kerap terjadi adalah fraktur. Umumnya kondisi tersebut terjadi karena trauma atau cedera akut lainnya.

Azmmi Hanif Saputra dalam Prosedur Pemeriksaan Radiografi Scapula dengan Klinis Trauma di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Islam Sunan Kudus menjelaskan bahwa ada beberapa proyeksi, posisi, dan metode yang dipakai dalam pemeriksaan scapula yakni sebagai berikut.

  1. Indikasi Pemeriksaan

Ada dua indikasi yang mungkin terjadi pada scapula yaakni trauma dan fraktur. Trauma adalah cedera yang disebabkan karena tekanan ekstrenal berlebih, sedangkan fraktur adalah kondisi di mana tulang patah, retak hingga pecah.

  1. Persiapan Pasien

Sebelum pemeriksaan radiografi scapula dilakukan, pasien harus melakukan sejumlah persiapan standar seperti melepas benda yang berpotensi mengganggu kegiatan pemeriksaan, misalnya kalung.

  1. Persiapan Alat dan Bahan

Ada beberapa alat yang dibutuhkan dalam pemeriksaan scapula yakni sebagai berikut.

  • Pesawat sinar-X yang sudah siap dioperasikan
  • Image receptor atau IR 24 x 30 cm
  • Marker L atau R
  • Gonad, shield, thyroid, serta apron
  • Processing film atau bisa digital processing
  1. Proyeksi Pemeriksaan Scapula

Proyeksi yang dipakai pada pemeriksaan radiografi scapula yakni Anterior Posterior (AP), Right Anterior Oblique (RAO) atay Left Anterior Oblique (LAO), Lateral Recumbent. Sedangkan pada kasus scapula trauma akan dilakakn proyeksi tambahan yakni Scapula Y View.

Itulah informasi terkait teknik pemeriksaan scapula. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.