<i>Startup</i> Essential, Buatan Bapak Android Andy Rubin Gulung Tikar
Smartphone Essential (Twitter @Essential)

Bagikan:

JAKARTA - Essential, perusahaan smartphone yang didirikan oleh salah satu kreator Android, Andy Rubin dikabarkan bangkrut. Perusahaan startup yang didirikan empat tahun lalu ini terpaksa harus membatalkan sejumlah projek untuk smartphonenya.

Didirikan pada 2015, Essential memiliki rencana untuk merilis beberapa perangkat ponsel, speaker pintar dan sistem operasi buatan sendiri. Namun tak tahu apa yang terjadi, mereka hanya merilis satu produk, ponsel Essential dengan beberapa aksesoris lainnya.

Pabrikan asal Palo Alto, California, Amerika Serikat (AS) ini telah meluncurkan smartphone super tipis yang tidak biasa. Dijuluki Gem, sayangnya ponsel ini belum memiliki pasar yang signifikan.

Perangkat tersebut menampilkan sistem modular unik yang memungkinkan aksesori (seperti kamera 360 derajat) menempel secara sempurna di punggung ponsel. Essentian ponsel merupakan salah satu ponsel pertama dengan hampir tidak memiliki bezel, dengan pengoperasian OS Android lawas.

"Visi kamu adalah menciptakan paradigma komputasi mobile yang lebih terintegrasi, dengan kebutuhan gaya hidup masyarakat," ungkap Essential dalam sebuah pernyataan resminya yang dikutip dari BBC, Kamis 13 Februari.

Dengan menutup perusahaan ini, artinya ponsel Essential tak akan lagi menerima pembaruan keamanan perangkat lunak jenis apapun. Pembaruan terakhirnya yang diberikan Essential kepada penggunanya pada 4 Februari lalu.

"Terlepas dari upaya terbaik kami, kami sekarang telah mengambil permata sejauh yang kami bisa, dan sayangnya tidak memiliki jalur yang jelas untuk mengirimkannya kepada pelanggan. Mengingat ini, kami telah membuat keputusan sulit untuk menghentikan operasi dan menggulung ponsel Essential," lanjutnya.

Meski begitu, Essential telah menghibahkan perangkat lunaknya pada situs GitHub, sehingga pengembang dapat terus meretas atau mengembangkan perangkat tersebut. Sedangkan layanan e-mail Essential yakni Newton Mail juga akan diberhentikan pada 3 April.