Hujatan Warganet Indonesia untuk Kristen Gray, WNA yang <i>Overstay</i> di Bali
Cover eBook buatan Kristen Gray (Twitter @KaumIdama)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang warga negara asing (WNA) menjadi bulan-bulanan warganet di jagat Twitter. Cuitannya viral soal tips menghindari hukuman aturan protokol kesehatan hingga cara mengakali overstay visa di Indonesia.

Pemilik akun @kristentootie bernama asli Kristen Gray tersebut merupakan wanita kulit hitam asal Amerika Serikat (AS). Ia mengaku telah mukim di Bali selama satu tahun terakhir. Ia tinggal bersama pacarnya, yang juga perempuan.

Bule tersebut merasa lebih nyaman tinggal di Bali daripada di negara asalnya. Ia mencoba bertahan hidup dari berkerja sebagai desain grafis, melansir dari VOI.

Tagar #Bali yang muncul akibat kemarahan warganet Indonesia pun viral dan menjadi trending di empat negara lainnya. Seperti Malaysia, Singapura, Australia hingga Amerika Serikat (AS).

Tak hanya ajakan tinggal di Bali, Kristen Grey juga mengungkapkan keuntungan hidup di Bali. Menurut pengakuannya hidup di Bali aman, biaya hidup murah, ramah untuk LGBT, dan ada komunitas orang kulit hitam.

Bahkan dalam cuitan terakhirnya, ia mempromosikan ebook berjudul Our Bali Life is Yours yang isinya membantu orang lain agar mencapai mimpi yang sama. Buku tersebut dijual seharga 30 dolar AS atau sekitar Rp400 ribuan.

Namun, thread yang kini telah dihapus tersebut justru mendapat serangan dari warga net Indonesia. Bahkan, topik Bali tengah trending di Twitter. Mereka menuding Gray tinggal di Bali tanpa membayar pajak dan merebut pekerjaan warga lokal.

Terkait