Bagikan:

JAKARTA - Kehilangan pesan penting adalah sesuatu yang sangat menjengkelkan, apalagi jika pesan itu terkait dengan pekerjaan Anda. Maka dari itu, penting sekali untuk mencadangkan pesan di manapun pesan itu berada.

Platform perpesanan Meta seperti WhatsApp dan Messenger memiliki fitur untuk mencadangkan Obrolan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan pesan tersebut.

Namun, jika Anda merasa pernah menghapus atau tidak menemukan Obrolan tersebut, mungkin Anda bisa melakukan beberapa cara ini untuk mengembalikannya.

Periksa apakah Anda Mengarsipkan Pesan atau Menghapusnya

Alih-alih menghapus pesan, bisa jadi Anda hanya mengarsipkannya. Ikuti langkah-langkah ini untuk menemukan pesan yang diarsipkan di komputer Anda:

  1. Arahkan ke situs Facebook dan klik pada Ikon utusan di kanan atas
  2. Pilih Lihat semua di Messenger
  3. Klik ikon tiga titik di sebelah Obrolan
  4. Pilih Obrolan yang diarsipkan dari menu drop-down
  5. Gulir ke bawah untuk melihat apakah Anda dapat menemukan pesan yang Anda butuhkan.
  6. Untuk mengembalikan obrolan ke kotak masuk, klik ikon tiga titik di sebelahnya, dan pilih Unarchive.

Cara Memulihkan Pesan Facebook yang Dihapus di Android

Namun, jika Obrolan tersebut tampaknya sudah terhapus, Anda masih bisa memulihkannya. Perangkat Android akan menyimpan data cache dari hampir setiap aplikasi yang Anda gunakan. 

Jadi, jika Anda menggunakan Messenger di ponsel Android Anda, ada kemungkinan Anda akan dapat menggali cukup dalam untuk menemukan obrolan yang dihapus:

  1. Jika Anda belum menginstal pengelola file, unduh satu dari Google Play Store
  2. Luncurkan dan arahkan ke Penyimpanan Utama > Android > data > com.facebook.ocra > cache > fb_temp
  3. Di dalam folder itu, Anda dapat menemukan pesan dari riwayat terkini. Semoga Anda dapat menemukan pesan yang dihapus.

Sayangnya, jika Anda menggunakan iPhone, menemukan pesan Messenger yang sudah dihapus jauh lebih sulit. Dalam situasi itu, Anda mungkin perlu mencoba alat pemulihan data iPhone pihak ketiga.

Pulihkan Pesan Facebook yang Dihapus dari Cadangan Anda

Melansir Makeuseof, Facebook tidak menyimpan pesan yang dihapus selama 90 hari di cadangan. Setelah dihapus, mereka akan hilang secara permanen. Namun, jika Anda membuat cadangan sebelum Anda menghapusnya, Anda masih bisa memulihkannya. Di sinilah Anda dapat menemukan semua file cadangan Anda:

  1. Buka Facebook di desktop Anda dan klik gambar profil di sudut kanan atas halaman
  2. Memilih Pengaturan & privasi dari menu, lalu pilih Pengaturan lagi
  3. Klik Privasi di menu sebelah kiri
  4. Lalu klik Informasi Facebook Anda pada menu
  5. Klik Lihat, di sebelah Unduh informasi Profil
  6. Pada layar ini, Anda akan dapat melihat cadangan terbaru Anda, yang mungkin termasuk pesan yang dihapus
  7. Penting untuk dicatat bahwa Facebook hanya menyimpan file-file ini selama beberapa hari setelah permintaan Anda. Jadi, jika cadangan Anda lebih dari satu minggu, Anda tidak akan dapat mengunduhnya.