Menjelang Hari <i>Backup</i> Sedunia, Simak Pentingnya <i>Backup</i> Data Sebelum Terlambat
Pentingnya backup data (foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Memperingati World Backup Day atau Hari Backup Sedunia yang jatuh setiap tanggal 31 Maret besok, Western Digital, pemimpin global di industri solusi penyimpanan, mengingatkan pentingnya mencadangkan data secara berkala, baik itu di smartphone, PC, tablet, maupun Mac. 

Faktanya, data digital yang kita miliki sekarang bukan hanya foto dan video saja, tapi juga file pekerjaan, materi pelajaran sekolah, dokumen penting, dan konten berharga lainnya. Terutama bagi perusahaan dan organisasi, backup data menjadi hal serius yang harus diberikan perhatian lebih, apalagi jika menyangkut file rahasia dan bukti transaksi. 

Maka dari itu, di Hari Backup Sedunia ini, sangatlah penting untuk menciptakan kebiasaan baru untuk backup data secara teratur. Berikut ini adalah beberapa tips backup data dari Western Digital:

Backup Data menggunakan USB flash drive

USB Flash drive adalah solusi paling mudah, cepat dan terjangkau yang mungkin bisa Anda gunakan untuk menyimpan semua data Anda. Karena, dengan USB bisa mengarsipkan file, foto dan video langsung dari smartphone Anda. 

Bahkan sekarang sudah ada USB dual-connector seperti SanDisk Ultra Dual Drive Luxe, yang bisa mentransfer file dengan mudah antara smartphone, tablet, Mac, dan komputer/laptop dengan colokan Type-A.

Siapkan Eksternal Drive Untuk Kapasitas Extra

Para pekerja profesional di bidang digital, seperti fotografer, kreator konten, videographer, dan desainer, biasanya membutuhkan kapasitas penyimpanan yang sangat besar untuk menyimpan file mereka.

Untuk kapasitas ekstra besar, Anda bisa menggunakan drive eksternal, yang terbagi menjadi dua opsi: Hard Disk Drive (HDD) dan Solid State Drive (SSD). 

Menurut Western Digital, HDD biasanya memiliki harga lebih terjangkau dengan kapasitas penyimpanan lebih besar. Sedangkan SSD lebih unggul dari segi kecepatan dan durabilitasnya yang lebih tinggi. Masing-masing opsi tersebut memiliki keunggulan tersendiri, jadi pilihlah opsi yang paling cocok sesuai kebutuhanmu.

Sinkronisasi Otomatis di Cloud

Jika ingin menyimpan semua konten Anda di satu tempat, cloud bisa menjadi solusinya. Tanpa memerlukan alat tambahan, Anda bisa mencadangkan setiap file yang ada di smartphone, PC, tablet, Mac, maupun USB. 

Dengan cloud, semuanya dapat diakses dari jarak jauh dan aman melalui internet, dan Anda bahkan dapat mengundang teman dan keluarga untuk berkolaborasi dalam foto, video, dokumen, dan lainnya. Semua pengguna dapat diberi akses terbatas atau menggunakan ruang terproteksi yang hanya dapat diakses oleh mereka.