Bagikan:

JAKARTA - Siapa sangka bahwa smartphone yang kita gunakan sehari-hari bisa saja lenyap di tangan pencuri ataupun rusak secara tiba-tiba.

Kerusakannya pun terkadang masih bisa diperbaiki, namun bagaimana jika tidak? Tentunya Anda akan kehilangan semua dokumen, foto, video dan data lainnya yang penting bukan?

Kalau sudah begini, tentu saja Anda tidak bisa berbuat apa-apa, namun sebelum Anda mengalami hal itu, sebaiknya lakukan pencegahan terlebih dahulu seperti mem-backup data di ponsel Anda.

Untungnya cukup mudah untuk mencadangkan data khusus iPhone. Pengguna iPhone memiliki dua opsi utama yaitu menyimpan cadangan data ke komputer atau ke akun iCloud mereka. Simak cara memindahkan data iPhone berikut ini seperti dikutip dari How Stuff Work, Rabu 25 November.

1. Simpan di Personal Computer (PC)

- Hubungkan ponsel Anda ke Mac atau PC. Jika komputer Anda menjalankan MacOS 10.14 Mojave atau sistem yang lebih lama, Anda harus membuka iTunes terlebih dahulu untuk mengakses iPhone Anda.

Jika komputer Anda memiliki MacOS 10.15 atau yang lebih baru, Anda dapat menemukan ponsel Anda melalui Finder (di bagian bawah layar).

- Setelah melakukan langkah di atas, nantinya Anda akan menemukan sebuah pesan yang meminta kode sandi iPhone Anda atau seperti Trust This Computer pada ponsel atau komputer Anda, lalu ikuti langkah-langkah di layar.

- Kemudian, temukan perangkat Anda di komputer. Selanjutnya, jika Anda memiliki informasi sensitif dalam bentuk apa pun, terutama informasi keuangan atau kesehatan, sebaiknya enkripsikan cadangan Anda untuk keamanan.

Di satu sisi, jika tidak memilih untuk mengenkripsi cadangan Anda, telepon akan memperbarui aplikasi dan OS sebelum melakukan transfer konten Anda.

- Klik Back Up Now dan tunggu sampai data Anda selesai ditransfer. Setelahnya, Anda bisa me-reject iPhone Anda dari komputer dengan mengklik tanda seperti panah di kanan layar.

2. Simpan Data dengan iCloud

- Sambungkan perangkat ke jaringan Wi-Fi yang cukup kuat agar tidak terputus saat mem-backup data di iPhone Anda.

- Setelahnya, buka Pengaturan > (nama Anda), lalu pilih iCloud.

- Ketuk Cadangan iCloud, dan pilih Cadangkan Sekarang. Perlu diperhatikan, jangan memutus jaringan Wi-Fi Anda, harus tersambung hingga proses selesai. Jika terputus, maka data yang dicadangkan akan hilang.