<i>Nyesel</i> Instal iOS 15 Versi Beta? Tenang, Begini Cara <i>Downgrade</i> ke iOS 14
Tampilan iOS 15 (TechAdvisor)

Bagikan:

JAKARTA - Sebagai pengguna setia, yang senantiasa menanti pembaruan ATAU sesuatu yang anyar dari Apple, memperbarui iOS MENjadi versi terbaru tentu sesuatu yang harus dilakukan. Saat Apple meluncurkan iOS 15, tak sedikit orang yang langsung tertarik memperbarui versi baru sistem operasi itu.

Hanya saja, jarang disadari, ada banyak bug dan erorr pada iOS 15. Wajar, mengingat versi yang diluncurkan merupakan versi beta. Artinya, perusahaan sedang mengumpulkan bug dan eror yang disampaikan pengguna.

Maka dari itu, biasanya versi ini hanya diperuntukan bagi pengembang. Atau, minimal mereka yang memiliki pengetahuan dasar mengenai pemrograman. Tapi, fakta itu tidak menyurutkan banyak pengguna awam untuk memperbarui versi sistem operasi.

Anda salah satunya? Tentu, kini Anda sudah menemukan sejumlah erorr yang ada di dalam versi iOS 15. Bahkan, barangkali ada pula di antara pembaca yang menemukan banyak sekali bug pada sistem operasi iOS terbaru ini.

Beruntungnya, ada cara downgrade iOS 15 ke iOS 14. Hanya saja, tentu langkah yang perlu Anda lakukan cukup ribet. Dirangkum tim VOI dari berbagai sumber, begini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

Downgrade iOS 15 beta ke iOS 14 Pakai Mac/PC

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan yakni menghapus kemudian mengembalikan versi iPhone atau iPad yang dipakai ke versi semula. Hanya saja, cara ini bakal menghapus banyak sekali data yang sudah tersimpan ketika downgrade berhasil dilakukan.

Oleh karena itu, sebelum menjalankannya, lebih baik jika Anda melakukan backup data terlebih dulu. Bisa memanfaatkan iCloud atau Google Drive. Setelah itu, lakukan langkah-langkah di bawah:

Cara downgrade iOS 15 ke iOS 14 (9to5mac)

  1. Pastikan MacBook atau iMac yang Anda pakai sudah menjalankan versi paling anyar macOS. Anda bisa mengeceknya melakukan menu About This Mac, klik Software Update
  2. Selanjutnya, hubungkan iPhone atau iPad milik Anda ke Mac atau iMac menggunakan kabel data
  3. Kemudian, lakukan salah satu langkah di bawah sesuai perangkat Anda untuk masuk ke Mode Recovery:

- Untuk iPad dengan Face ID: Tekan lalu lepaskan dengan cepat tombol Volume Up dan Volume Down secara bersamaan. Atau, tekan lalu tahan beberapa saat tombol di atas hingga perangkat restart. Lalu, ulangi lagi gerakan menekan dan menahan tombol di bagian atas hingga perangkat masuk ke Mode Recovery

- Untuk iPhone 8 atau yang terbaru: Tekan lalu lepas secara bersamaan tombol Volume Up dan Volume Down. Lalu, tekan dan tahan beberapa saat tombol samping hingga layar menampilkan Mode Recovery.

- Untuk iPhone 7, iPhone 7 Plus, atau iPod Touch (generasi 7): Tekan dan tahan tombol Sleep/Wake serta Volume Down secara bersamaan. Tahan hingga muncul logo Apple. Terus tahan kedua tombol tersebut hingga layar menampilkan Mode Recovery.

- Untuk iPhone 6s dan yang lebih lawas, iPad dengan tombol Home, atau iPod Touch (generasi 6): Tekan dan tahan tombol Sleep/Wake dan Home secara bersamaan. Jangan lepas tekanan hingga muncul logo Apple di layar. Jika layar sudah mati, tetap tekan kedua tombol tersebut hingga layar menampilkan Mode Recovery

4. Saat muncul menu Restore/Update di Mac atau iMac Anda, klik menu Restore. Nantinya, langkah ini akan menghapus seluruh data pembaruan pada perangkat, serta memasang versi teranyar versi penuh yang sudah diluncurka

5. Pilih Install saat Anda melihat jendela pemberitahuan berisi permintaan bahwa iPhone membutuhkan pembaruan

Begitu pengembalian versi software sudah selesai, Anda bisa mengembalikan data yang sudah di-backup sebelumnya pdari iOS 14 melalui Mac/iMac atau iCloud. Mudah, bukan? Semoga langkah di atas bisa membantumu mengatasi kendala ini.