Ketua SEC Gary Gensler Ajak Regulator Inggris dan Kanada untuk Menindak Industri <i>Cryptocurrency</i>
Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa AS, Gary Gensler. (Foto; Dok. Mashable)

Bagikan:

JAKARTA - Industri kripto semakin menjadi perhatian di tengah pembicaraan tentang pemisahan pasar kripto dari pasar tradisional. Angin sekarang bergeser ke arah perubahan regulasi besar di ruang tersebut. Hal ini terlepas dari tanda-tanda yang jelas tentang berkurangnya kepercayaan terhadap bank di tengah krisis perbankan yang mengguncang pasar global.

Meski begitu, harga kripto mengalami reli yang mengesankan saat krisis perbankan berlangsung selama beberapa minggu terakhir. Situasi ini, bagaimanapun, tidak menyiratkan pelonggaran dalam lingkungan regulasi untuk ekosistem aset kripto di Amerika Serikat, kecuali jika anggota parlemen menyelesaikan rintangannya.

Coingape melaporkan bahwa KBW Nasdaq Bank Index, yang melacak kinerja bank-bank publik terkemuka di AS, turun sebanyak 28 persen selama tiga minggu terakhir. Hal ini bertepatan dengan kenaikan harga Bitcoin sebesar 18 persen pada periode yang sama. Kondisi ini mengindikasikan bahwa semakin banyak orang yang mulai beralih ke aset kripto sebagai alternatif untuk melindungi kekayaan mereka.

Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), Gary Gensler, diyakini telah melakukan lobi dengan rekan-rekannya di Inggris dan Kanada tentang mempertahankan rencana aksi bersama untuk regulasi kripto.

Kendati begitu, pengacara XRP John Deaton menyatakan adanya perbedaan signifikan antara regulator AS dan Inggris di masa lalu, dengan memberikan contoh token Ripple (XRP). Laporan mengatakan bahwa Otoritas Perilaku Keuangan Inggris (FCA) sedang melakukan upaya untuk membuat pengumuman terkait hal ini.

Sebelumnya, Gensler menghadapi banyak kritik karena mengatakan bahwa semua mata uang kripto mengharapkan Bitcoin adalah sekuritas. Hal ini menjadi perdebatan besar di kalangan industri kripto, karena jika dianggap sebagai sekuritas, maka pemerintah dapat mengatur Bitcoin secara ketat. SEC pada awal pekan ini telah mengeluarkan pemberitahuan Wells kepada bursa kripto yang berbasis di AS, Coinbase.

Beberapa kalangan menganggap bahwa peraturan ketat diperlukan untuk melindungi investor dari risiko yang terkait dengan investasi kripto. Namun, di sisi lain, hal ini dapat membahayakan perkembangan inovasi di industri kripto, karena peraturan yang terlalu ketat dapat mempersempit ruang lingkup pengembangan teknologi dan aplikasi baru di sektor ini.

Dalam mengatur kripto, perlu ada keseimbangan antara perlindungan investor dan kebebasan inovasi. Diharapkan regulator dapat mempertimbangkan keduanya dalam memutuskan regulasi yang tepat untuk industri kripto. Dengan regulasi yang tepat, industri kripto dapat berkembang dengan sehat dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat.