Membedah Perbedaan Prosesor Exynos dan Snapdragon, Mana yang Lebih Unggul?
Ilustrasi prosesor (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Saat membeli smartphone atau ponsel baru, salah satu hal yang wajib dipertimbangkan adalah prosesor. Komponen penting yang ada dalam prosesor adalah chipset. Merek chipset yang banyak dipakai untuk smartphone keluaran terbaru, yaitu Exynos vs Snapdragon. Lalu apa perbedaan prosesor Exynos dan Snapdragon?

Chipset berfungsi sebagai otak sebuah smartphone. Komponen ini berperan mengatur dan mengontrol sistem operasi dalam smartphone. Semakin unggul sebuah chipset prosesor maka performa smartphone pun akan semakin baik. Itulah mengapa memilih prosesor yang bagus sangatlah penting saat membeli smartphone, demi kenyamanan penggunanya. 

Saat ini pabrikan smartphone memilih menggunakan prosesor Exynos dan Snapdragon untuk ponsel-ponsel flagship terbaru. Apa perbedaan prosesor Exynos dan Snapdragon dan lebih unggul mana?

Perbedaan Prosesor Exynos dan Snapdragon

Prosesor Snapdragon digunakan untuk hampir semua ponsel flagship produksi China. Sementara Exynos adalah prosesor yang dikembangkan secara khusus oleh Samsung. Namun tidak semua ponsel Samsung menggunakan prosesor ini, melainkan ada juga yang memakai prosesor Snapdragon. 

Berikut perbedaan prosesor Exynos dan Snapdragon:

Produsen

Prosesor Exynos dan Snapdragon dibuat oleh produsen yang berbeda. Exynos merupakan chipset buatan Samsung Electronics asal Korea Selatan. Chipset ini dikembangkan berdasarkan arsitektur ARM. Pembuatan Exynos memakai inti ARM murni atau yang sudah di-custom. Chipset ini hanya dipakai untuk ponsel atau smartphone produksi Samsung saja.

Sementara Snapdragon merupakan chipset yang diproduksi oleh Qualcomm asal Amerika Serikat. Chipset ini dirilis pertama kali pada tahun 2007 lalu. Snapdragon menjadi chipset yang sangat populer dan banyak digunakan oleh perusahaan smartphone ternama, seperti Xiaomi, Samsung, Vivo, Oppo, Realme, dan lainnya.

Performa

Prosesor Exynos dan Snapdragon juga memiliki perbedaan dari segi performa. Chipset Snapdragon memiliki performa yang lebih unggul dibanding Exynos. Contohnya dari hp Samsung seri S, misalnya S21. Di pasaran Amerika, Samsung S21 memakai chipset Snapdragon 888. 

Sementara untuk pasar Indonesia, Samsung S21 menggunakan Exynos 2100. Dari segi performa yang dihasilkan, Samsung Galaxy S21 dengan Snapdragon mampu meraih skor sebesar 727504. Sementara Exynos hanya mencapai skor 669597.

Chipset Exynos memiliki keunggulan dalam pengukuran single-core benchmark. Setiap core Exynos bisa beroperasi lebih baik sehingga mampu menghemat RAM. Sementara itu, Snapdragon lebih baik dalam multi-core benchmark. 

Pengolahan Grafis

Pengolahan grafis atau GPU prosesor Exynos dan Snapdragon juga memiliki perbedaan. Graphic Processing Unit (GPU) adalah komponen yang berfungsi membuat tampilan grafis terlihat mulus atau jernih. 

Prosesor Exynos menggunakan GPU Mali. Sementara prosesor Snapdragon memakai GPU buatan sendiri yaitu Adreno. Contohnya dua chipset yang dipakai Samsung Galaxy S21, Snapdragon 888 dibekali GPU Mali-G78 MP14 dan Exynos 2100 dibekali GPU Adreno 660.

Efisiensi Baterai

Perbedaan lainnya prosesor Exynos dan Snapdragon terletak pada daya baterainya. Baterai prosesor Exynos lebih unggul dibandingkan Snapdragon. Snapdragon memang dirancang untuk melakukan aktivitas yang memerlukan performa maksimal.

Sementara prosesor Exynos didesain dengan optimasi supaya bisa bekerja tanpa perlu memakan banyak baterai. Jadi jika Anda hanya memakai ponsel untuk main media sosial dan chatting dan aktivitas ringan lainnya, maka chipset Exynos lebih cocok..

Harga

Dari segi harganya pun prosesor Exynos dan Snapdragon juga memiliki perbedaan. Lantaran hanya dipasangkan di ponsel Samsung, maka harga Exynos tidak bisa dikatakan lebih mahal atau lebih murah dibanding Snapdragon. 

Namun apabila dilihat dari harga ponselnya, maka harga Samsung berprosesor Exynos terasa lebih mahal dibanding ponsel berprosesor Snapdragon. Selain itu, performa yang ditawarkan pun masih kalah dari Snapdragon. Contohnya prosesor Exynos 9611 banyak digunakan untuk ponsel harga 2 – 3 jutaan, yang mana masih kalah dari Snapdragon 712 dengan rentang harga yang sama.

Demikianlah perbedaan prosesor Exynos dan Snapdragon yang banyak digunakan pada ponsel-ponsel flagship keluaran terbaru. Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Exynos memiliki kelebihan dari segi konsumsi RAM dan daya atau baterai. Sementara Snapdragon unggul dari segi performanya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.