Motor Suzuki Katana Terbaru, Beda Zaman dan Beda Performa
Suzuki Katana model 2022. ( Dok. Suzuki)

Bagikan:

JAKARTA - Di Indonesia, Suzuki Katana dikenal sebagai mobil mungil yang banyak digemari karena terbukti lincah dan tangguh mengarungi berbagai medan ekstrem. Namun di Jepang, Suzuki Katana dikenal sebagai motor sport yang memiliki bodi tegap.

Sebenarnya, di Jepang motor Suzuki Katana diproduksi pertama kali tahun 1982 dengan varian mesin 125 cc dengan nama Suzuki GS125E Katana. Motor tersebut memiliki bodi yang sangat sporty.

Untuk spesifikasi Suzuki GS125E Katana ini, dibekali mesin silinder tunggal 124 cc SOHC 4-tak yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 13,8 dengan torsi 9,8 Nm. GS125E memakai sistem transmisi manual lima percepatan.

Nah, Suzuki Katana model terbaru berbeda dengan pendahulunya dengan menggandeng mesin berkapasitas 1.000 cc. Dengan mesin ini, mampu menghasilkan daya sebesar 147 dk.

Pada bagian lampu depan, dipasangkan lampu LED berbentuk persegi, ini terinspirasi dari Katana terdahulu, Suzuki GSX1100S Katana yang legendaris.

Selain itu, motor tersebut juga dipasangkan lengan ayun unit dan terdapat lampu sein pada sepatbor motor. Ini membuat tampilan belakang pada bagian motor terlihat bersih.

Motor ini mengadopsi sistem throttle yang dapat dikontrol secara elektronik dan mengubah mekanisme pada bagian knalpot. Katana Model terbaru dijual seharga Rp200 juta.