Porsche 911 Dakar, dapat Melibas Segala Medan
Porsche 911 Dakar (Foto: Porsche)

Bagikan:

JAKARTA - Jarang terdengar bila mendengar pabrikan merilis mobil sport untuk dikemudikan dalam segala kondisi. Pabrikan yang melakukan ide inovatif tersebut ialah Porsche dengan 911 Dakar.

Porsche 911 versi Dakar diproduksi untuk menghormati pencapaian Porsche dalam memenangi reli paling ganas di dunia, Rally Dakar pada tahun 1984 dengan Porsche 911 generasi 953.

Sebelumnya, produsen mobil sport asal Stuttgart tersebut telah melakukan berbagai uji coba di berbagai kondisi berkerikil, salju, tanah dan pasir. 911 Dakar diklaim Porsche sebagai mobil sport paling serbaguna yang pernah dibuat.

Bila melihat versi standarnya, Porsche 911 tak hanya bertenaga. Namun, mobil ini dikenal stabil dalam pengendalian baik saat berkecepatan tinggi maupun rendah. Dengan dibuatkan 911 Dakar, mobil ini menjadi lebih stabil dan tangguh dalam segala kondisi.

911 Dakar jelas berbeda dengan 911 versi standar. Porsche menambahkan pada bagian suspensi yang lebih ditinggikan, ban off-road serta teknologi yang ditambahkan agar mobil ini dapat melaju di jalur yang tidak biasa. Dengan begitu, 911 Dakar siap untuk menjelajah ke berbagai medan.

Pada bagian suspensi, 911 Dakar telah diperbaharui dan dipasangkan ban untuk segala medan. Tidak heran bila mobil tersebut terlihat lebih tinggi 1,9 inci lebih tinggi bila dibandingkan dengan versi standarnya.

Mobil ini juga dilengkapi sistem hidraulik. Jarak bebas dari tanah pada mobil ini dapat mencapai seperti beberapa SUV. Meskipun begitu, 911 Dakar tidak untuk dilibas pada medan berbukit.

Porsche 911 Dakar memiliki kecepatan maksimal 239 km/jam. Meskipun tidak memiliki kecepatan seperti 911 versi standar, mobil tersebut dapat melaju di sirkuit Nurburgring Nordschleife setara dengan Porsche 911 generasi 996..