Kasus Ripple vs SEC, Putusan Pengadilan Akan Keluar Maret ini?
Mata uang kripto XRP. (Foto; Dok. CryptoCoin)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan kripto Ripple sedang menunggu ringkasan putusan dalam gugatan mereka terhadap Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC). Perusahaan percaya bahwa keputusan akan keluar dalam beberapa minggu ke depan.

Namun, keputusan ini kemungkinan tidak akan menguntungkan altcoin mereka, XRP, mengingat kemungkinan kasus ini akan disidangkan atau Ripple kalah.

Antisipasi keputusan akhir ini telah menyebabkan penurunan minat terhadap altcoin, dengan volume perdagangan mata uang kripto yang menurun dalam beberapa bulan terakhir. Meskipun demikian, altcoin peringkat keenam ini masih mempertahankan total kapitalisasi pasar sekitar 20 miliar dolar AS.

Stuart Alderoty, Chief Legal Officer Ripple, percaya bahwa putusan dalam kasus yang sudah berlangsung lama ini tidak akan lama lagi dan dapat diucapkan "secepatnya pada akhir bulan ini." Namun, Alderoty menyarankan bisnis kripto untuk mencari kejelasan hukum di negara lain, bahkan jika ringkasan putusan mendukung Ripple.

Sementara itu, harga XRP mengalami penurunan bersama dengan semua token utama. Berita tentang perusahaan kripto yang mengisolasi diri dari hubungan dengan bank Silvergate juga mempengaruhi harga XRP.

Ketua Securities and Exchange Commission (SEC) Gary Gensler baru-baru ini menyatakan bahwa semua koin kecuali Bitcoin adalah sekuritas yang tidak diatur. Namun, Alderoty menyarankan agar Gensler mundur dari pemungutan suara dalam kasus penegakan hukum lebih lanjut.