Bahaya Instal WhatsApp GB, Mengancam Keamanan Ponsel dan Data Pribadi Penggunanya
Ilustrasi WhatsApp (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak pengguna ponsel yang menginstal WhatsApp GB karena tertarik dengan fitur-fitur yang ditawarkan. WhatsApp GB merupakan aplikasi tiruan dari WhatsApp. Namun ada beberapa bahaya instal WhatsApp GB.

WhatsApp GB merupakan aplikasi tidak resmi yang hanya bisa dijalankan di perangkat Android. Aplikasi ini tidak tersedia di Google Playstore dan hanya dapat diunduh lewat aplikasi pihak ketiga. 

Aplikasi WhatsApp GB menyediakan banyak fitur yang tidak ada di WhatsApp resmi. Fitur-fitur menarik yang terdapat dalam WhatsApp GB, di antaranya kirim gambar/video beresolusi tinggi, DND (Do Not Disturb), unduh status, auto reply, dan sebagainya. Namun karena aplikasi ini ilegal, Anda tidak disarankan menginstal WhatsApp GB untuk menghindari berbagai risiko. 

Bahaya Instal WhatsApp GB

WhatsApp GB banyak diinstal oleh pengguna Android karena memiliki berbagai fitur menarik. Namun ada beberapa bahaya bisa menimpa jika Anda menginstal WhatsApp GB. Berikut sejumlah risiko yang bisa terjadi. 

Terserang Virus atau Malware

Salah satu risiko yang bisa terjadi apabila Anda menginstal WhatsApp GB adalah ponsel Anda berkemungkinan disusupi virus atau malware. Aplikasi ini tidak tersedia di Play Store sehingga keamanannya tidak terjamin. 

Untuk menghindari ancaman terkena virus, sebaiknya Anda tidak menggunakan WhatsApp GB. Apabila virus masuk ke ponsel Anda maka bisa menyebabkan kerusakan data pengguna hingga disalahgunakan. 

Akun Diblokir oleh WhatsApp Official

Bahaya lainnya yang bisa menimpa Anda ketika memakai WhatsApp GB adalah kemungkinan akun Anda akan diblokir oleh WhatsApp Official. Pihak WhatsApp secara tegas melarang penggunanya menggunakan WA GB.

Pengguna yang terdeteksi memakai WA GB maka akunnya WhatsAppnya akan diblokir secara sementara hingga permanen. Pihak WhatsApp sendiri tidak akan bertanggung jawab apabila aplikasi tersebut tidak aman bagi penggunanya. 

Tidak Ada Jaminan Keamanan

Risiko lainnya yang bisa menimpa Anda adalah dalam hal keamanan. Dalam aplikasi WhatsApp resmi akan selalu dilakukan pemeriksaan terhadap keamanan secara berkala. Sementara dalam WA GB tidak ada jaminan keamanan karena aplikasi berasal dari pihak ketiga atau ilegal. 

Padahal pemeriksaan keamanan berfungsi penting untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, seperti menghindar peretasan. Apabila Anda menggunakan WA GB maka keamanan akun Anda sangat rendah sehingga privasi akun Anda berpotensi dibobol.

Tidak Ada Update Aplikasi

Aplikasi WhatsApp resmi selalu menyediakan update atau pembaruan aplikasi. Notifikasi update aplikasi biasanya akan muncul di ponsel penggunanya. Sedangkan dalam WA GB tidak terdapat update yang diinformasikan. Selain itu, dalam aplikasinya juga tidak ada fitur update. 

Tidak Bisa Back Up Data ke Google Drive

Perbedaan lain dari WhatsApp resmi dan WA GB adalah dalam hal penyimpanan. WhatsApp resmi menyediakan fitur back up data ke Google Drive. Fitur ini sangat membantu penggunanya untuk menyimpan datanya secara lebih aman dan berkapasitas besar. 

Sedangkan dalam WA GB tidak terdapat fitur back up data ke Google Drive. Jadi Anda tidak bisa menyimpan data Anda ke Google Drive yang mana memiliki kapasitas besar dan bisa diakses dari perangkat apa saja. Tanpa adanya fitur ini, file dari WA GB Anda memiliki risiko hilang lebih tinggi. 

Demikianlah ulasan mengenai bahaya instal WhatsApp GB di ponsel Android Anda. Aplikasi ilegal ini dikembangkan oleh pihak ketiga dan melanggar persyaratan layanan WhatsApp resmi. Meski menyediakan banyak fitur menarik, tapi lebih baik Anda tidak menggunakan WA GB demi menjaga keamanan perangkat dan privasi data Anda. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.