Galaxy Digital Akusisi Perusahaan Siber Sekuriti Berbasis Blockchain GK8 Senilai Rp669 Miliar
Galaxy Digital beli GK8, perusahaan siber sekuriti terkemuka. (Foto; Dok. Blockonomi)

Bagikan:

JAKARTA – Perusahaan milik miliarder dan investor Bitcoin Mike Novogratz, Galaxy Digital, telah menyelesaikan akuisisi senilai 44 juta dolar AS (Rp669 miliar) untuk platform penyimpanan mandiri institusional GK8. Perusahaan ini berencana untuk mengintegrasikan teknologi GK8 dengan platform broker utama yang akan datang, GalaxyOne.

 GalaxyOne akan memberikan layanan keuangan yang lebih baik untuk institusi, termasuk layanan peminjaman, perdagangan, derivatif, margin lintas portofolio, dan beberapa opsi kustodian lainnya. Akuisisi ini membuat Galaxy Digital mendapatkan kantor di Tel Aviv, Israel, dan tim beranggotakan 40 orang, termasuk para pendiri GK8 yang telah bergabung dengan Galaxy.

GK8 melayani keuangan arus utama dan perusahaan yang berpusat pada kripto, termasuk bank, hedge fund, dan klien broker eToro. Infrastruktur ini memberikan klien akses ke serangkaian layanan dan upaya yang didukung blockchain, termasuk DeFi, staking, layanan perdagangan, dan dukungan NFT.

Pengguna dapat mengakses layanan GK8 melalui MPC, sebuah metode penyimpanan kripto otomatis yang berfungsi dengan membagi kunci privat antara banyak penandatangan dan brankas dingin. GK8 juga telah mengembangkan teknik kriptografi yang dipatenkan untuk memfasilitasi pembuatan, penandatanganan, dan pengiriman transaksi oleh cold vault GK8 ke blockchain tanpa koneksi internet.

Mike Novogratz, pendiri dan CEO Galaxy Digital, mengatakan bahwa permintaan investor akan layanan kustodian yang inovatif dan aman terus berkembang, dan akuisisi GK8 meningkatkan upaya mereka untuk menawarkan solusi cold storage atau dompet penyimpanan fisik terbaik di kelasnya bersama dengan teknologi dompet yang canggih.

Selain terus menawarkan teknologi penyimpanan yang sangat berharga kepada klien, tim GK8 akan memainkan peran penting dalam evolusi mereka untuk menawarkan platform keuangan dengan layanan lengkap untuk aset digital.

GK8 awalnya diakuisisi oleh Celsius seharga 115 juta dolar AS (setara Rp1,7 triliun) pada November 2021, namun, setelah kebangkrutan Celsius, GK8 dijual ke Galaxy dengan harga lebih rendah 60 persen dari harga awal. Sebelumnya, Galaxy mundur dari kesepakatan senilai 1,2 miliar dolar AS (Rp18,3 triliun) dengan BitGo yang mengakibatkan gugatan dari BitGo.

Setelah akuisisi, solusi GK8 masih dapat diakses oleh pasar dan Galaxy Digital berencana untuk mengintegrasikan teknologi platform penyimpanan sendiri dengan platform broker utama yang akan datang, GalaxyOne. Akuisisi ini akan membantu Galaxy Digital untuk terus mengembangkan layanan keuangan dan teknologi kustodian yang inovatif dan aman untuk memenuhi permintaan investor.