Kaspersky Luncurkan Platform XDR untuk Memerangi <i>Ransomware</i> di Indonesia
Yeo Siang Tiong, General Manager untuk Asia Tenggara di Kaspersky (foto: Dinda Buana/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Kaspersky resmi meluncurkan platform Kaspersky Extended Detection and Response (XDR), yang bertujuan untuk memitigasi dan memerangi ancaman merugikan dari ransomware yang ditargetkan untuk bisnis di Indonesia.

Ransomware terus berkembang dalam kualitas dan kuantitas yang lebih meningkat tiap tahunnya. Tahun lalu, perusahaan keamanan dunia maya mencatat peningkatan ransomware hampir dua kali lipat (181%) setiap harinya secara global.

Di Asia Tenggara (SEA) sendiri, Kaspersky mengungkapkan bahwa Lockbit adalah ransomware tertarget paling produktif yang menyerang 115 bisnis unik di wilayah tersebut.

Grup ransomware Lockbit, yang juga merupakan penyedia ransomware-as-a-service, telah berhasil menargetkan perusahaan-perusahaan besar secara global dan di Asia Tenggara termasuk Penyedia Layanan TI utama, yang diduga meminta 50 juta dolar AS (Rp759 miliar) sebagai tebusan, di sebuah sekolah swasta di Malaysia, dan produsen makanan di Singapura.

“Untuk membantu tim keamanan perusahaan yang membutuhkan tenaga lebih banyak, kami menggabungkan beberapa alat keamanan kami ke dalam platform deteksi dan respons insiden keamanan terpadu yang koheren, Kaspersky Extended Detection and Response (XDR),” kata Yeo Siang Tiong, General Manager untuk Asia Tenggara di Kaspersky pada Selasa, 21 Februari di Jakarta. 

Yeo menambahkan, platform baru Kaspersky ini memberikan perlindungan multi-lapisan untuk perusahaan, serta kemampuan berburu ancaman untuk Pusat Operasi Keamanan (SOC) yang sudah ada.

Kaspersky XDR menjanjikan kemampuan beradaptasi untuk semua bentuk dan ukuran organisasi. Platform yang mudah digunakan ini juga diperkaya dengan data intelijen ancaman yang dapat dipercaya dari KSN (Kaspersky Security Network) untuk kemampuan deteksi yang lebih baik.

Banyak manfaat Kaspersky XDR untuk perusahaan di sini juga termasuk:

  • Mengkonsolidasikan sejumlah besar peringatan ke dalam jumlah insiden yang jauh lebih kecil yang dapat diprioritaskan untuk penyelidikan manual
  • Menyediakan opsi respons insiden terintegrasi yang menyediakan konteks yang memadai sehingga peringatan dapat diselesaikan dengan cepat
  • Memberikan opsi respons yang melampaui titik kontrol infrastruktur, termasuk jaringan, cloud, dan titik akhir, untuk memberikan perlindungan yang komprehensif
  • Mengotomatiskan tugas berulang untuk meningkatkan produktivitas
  • Memberikan pengalaman manajemen dan alur kerja yang sama di seluruh komponen keamanan, menciptakan efisiensi yang lebih besar

Adapun produk dan layanan Kaspersky yang membentuk XDR-nya adalah:

  • Kaspersky EDR Optimum
  • Kaspersky EDR Expert
  • Kaspersky Anti-Targeted Attack Platform
  • Kaspersky Managed Detection and Response
  • Kaspersky Incident Response