Bagikan:

JAKARTA – Spotify meluncurkan fitur yang sangat ditunggu pengguna, dimana mereka dapat mengabaikan musik pada daftar putar tertentu.

Fitur ini dijukuki Kecualikan dari Profil Selera Anda, dan Spotify kemudian akan menjaga agar rekomendasi pengguna tidak dibanjiri oleh lagu dan artis yang tak sesuai dengan selera mereka secara umum.

Spotify mengatakan fitur tersebut dapat memberi tahu platform daftar putar mana yang ingin pengguna kurangi dampaknya pada rekomendasi mereka.

Menurut platform tersebut, beberapa pengguna mungkin tidak ingin daftar putar tertentu memengaruhi rekomendasi mereka karena berbagai alasan. Ini termasuk keluarga yang memiliki playlist lagu untuk anak-anak.

“Dengan satu sentuhan tombol, Kecualikan dari Profil Rasa Anda memungkinkan Anda menyimpan daftar putar yang dipilih agar tidak disertakan dalam Profil Rasa Anda dan mengurangi pengaruhnya terhadap rekomendasi Anda,” ungkap Spotify dalam blog resminya.

“Ini memungkinkan Anda memberi tahu Spotify daftar putar mana yang ingin Anda kurangi dampaknya pada rekomendasi Anda, menyesuaikan pengalaman personalisasi Spotify dengan kebutuhan Anda,” imbuhnya.

Menghapus daftar putar dari rekomendasi bukan berarti pengguna tidak akan lagi menemukan daftar putar itu di Spotify. Daftar putar masih dapat ditemukan dengan mudah di tab Beranda, dan lagu yang disukai di dalam daftar putar tidak akan terpengaruh.

“Setelah Kecualikan dari Profil Rasa Anda diaktifkan, itu akan mengecualikan mendengarkan daftar putar di masa lalu dan masa depan dari Profil Rasa Anda,” kata Spotify.

Platform musik streaming itu mengatakan pengguna dapat mengecualikan daftar putar menggunakan aplikasi iOS, Android, dan desktop serta pemutar webnya.

Untuk melakukannya, pilih daftar putar, ketuk tombol tiga titik, lalu ketuk tombol Kecualikan dari Profil Selera Anda. Tetapi, Anda mungkin tidak segera memiliki fitur tersebut, karena Spotify mengatakan fitur ini baru mulai diluncurkan kemarin.

Melansir The Verge, Jumat, 10 Februari, ini bukan kali pertama Spotify memberi pengguna kendali atas apa yang memengaruhi dan tidak memengaruhi rekomendasi algoritmik mereka. Jika pengguna mengaktifkan Sesi Pribadi, apa pun yang mereka dengarkan tidak akan mewarnai daftar putar Dibuat Untuk Anda.