Soal Penetapan Irwan Hermawan sebagai Tersangka Kasus TPPU BTS Kominfo, Perusahaan Buka Suara
Irwan Hermawan selaku Komisaris PT Solitechmedia Synergy (foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Pada Selasa, 7 Februari kemarin, Penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung menetapkan tersangka baru dalam perkara dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) penyedia menara BTS 4G di Kementerian Kominfo, yaitu Irwan Hermawan selaku Komisaris PT Solitechmedia Synergy. 

Sehubungan dengan penetapan tersangka tersebut, PT Solitechmedia Synergy mengaku banyak  menerima banyak dugaan bahwa perusahaan adalah salah satu pemenang lelang/tender tersebut. 

"Posisi Sdr. Irwan Hermawan sebagai Komisaris PT Solitechmedia Synergy telah membuat nama perusahaan kami dikaitkan dengan kasus tersebut. Bahkan, ada kabar yang beredar bahwa PT Solitechmedia Synergy merupakan salah satu pemenang lelang/tender tersebut," kata Ronald Abdi Nurhadi, Direktur PT Solitechmedia Synergy dalam pernyataan yang diterima VOI di Jakarta.

Dalam permasalahan ini, perusahaan menegaskan bahawa Irwan bertindak secara pribadi dan tidak ada hubungannya dengan PT Solitechmedia Synergy.

“Kami bahkan tidak mengetahui kabar tentang adanya lelang tersebut dan perusahaan tidak pernah berpartisipasi di dalam prosesnya. Sdr. Irwan Hermawan bertindak atas kapasitasnya sendiri dan itu di luar dari tanggung jawab kami," tegas Ronald.

Setelah Irwan ditetapkan sebagai tersangka, PT Solitechmedia Synergy pun mengambil tindakan tegas, di mana perusahaan melayangkan surat kepada yang bersangkutan untuk segera mengakhiri jabatannya sebagai Komisaris.

“Kami mengambil tindakan tegas karena ini sudah menyimpang dari nilai-nilai perusahaan. Kami berharap fakta sesungguhnya tentang perusahaan dapat terdengar dan kami sangat menghargai upaya dari seluruh pihak yang sudah membantu kami untuk menyampaikan informasi ini,” tutup Ronald.

Bukti bahwa PT Solitechmedia Synergy tidak pernah mengikuti lelang/tender Proyek Penyediaan Infrastruktur Base Transceiver Station 4G dan Infrastruktur Pendukungnya, baik Paket 1, Paket 2, Paket 3, Paket 4 maupun Paket 5 yang diadakan oleh Bakti KOMINFO dapat dilihat pada Pengumuman Peserta Yang Lulus Tahap Prakualifikasi Proyek Penyediaan Infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan Infrastruktur Pendukungnya di situs Bakti KOMINFO. 

"Begitu juga dengan bukti bahwa PT Solitechmedia Synergy tidak pernah ditetapkan sebagai salah satu pemenang lelang/tender tersebut dapat dilihat pada Pengumuman Hasil Pemenang Tender di situs Bakti KOMINFO," tandasnya.