Honda Lakukan Restrukturisasi Bisnis dengan Lakukan Penjualan Mobil secara Online
Hona mulai penjualan mobil secara online di AS. (foto: twitter @honda)

Bagikan:

JAKARTA - Honda sedang merestrukturisasi bisnisnya karena ingin mencapai target 100 persen penjualan kendaraan listrik pada tahun 2040. Perusahaan otomotif asal Jepang itu mengumumkan bahwa semua EV bermerek Acura akan dijual secara eksklusif dan online, dimulai dengan SUV ZDX, yang akan dirilis tahun depan.

Honda mengguncang daftar kepemimpinannya dan menciptakan divisi baru untuk menangani penjualan, pemasaran, dan komunikasi untuk bisnis EV yang sedang berkembang. Kini mereka memposisikan merek mewah seperti Acura sebagai "ujung tombak" dalam peralihannya ke EV, yang mencakup layanan perangkat lunak yang ditingkatkan dan, terutama, e-commerce.

Itu semua dimulai dengan tipe RDX dan RDX Type S, yang prapenjualannya dimulai akhir tahun ini, dengan pengiriman pelanggan diharapkan pada tahun 2024.

“Acura ZDX, SUV mewah dengan banyak gaya dan tema yang sama disajikan sebagai bagian dari mobil konsep Precision terakhir tahun ini, akan menjadi model pertama yang dijual secara eksklusif secara online,” kata Senior VP Honda Mamadou Diallo, yang baru-baru ini dipromosikan untuk mengawasi semua penjualan American Honda.

“Apa yang kami lihat adalah memberikan kenyamanan kepada klien [dan] konsumen untuk bertransaksi di mana mereka ingin bertransaksi,” kata Diallo, seperti dikutip The Verge. Ia mencatat bahwa jaringan dealer Honda akan tetap menjadi bagian dari proses tersebut.

Industri otomotif memang lambat mengadopsi penjualan online, karena dealer tradisional tetap menjadi titik masuk yang paling umum bagi pembeli. Beberapa pembuat mobil, seperti Tesla, menghindari model dealer demi penjualan langsung ke konsumen, tetapi bukannya tanpa penolakan keras dari dealer, yang telah mengabadikan keunggulan mereka dalam undang-undang di sebagian besar negara bagian di AS.

"Apakah proses itu dimulai di ruang tamu Anda, dan kemudian berlanjut di dealer, atau dimulai di dealer di mana seseorang ingin menyentuh dan merasakan mobil di lantai ruang pamer, Anda tetap harus memasukkan informasi itu," kata Diallo.

Strategi EV Honda sejauh ini ditentukan oleh kemitraannya dengan pabrikan lain. Kedua EV awal pembuat mobil, Acura ZDX dan Honda Prolog, akan dibangun di atas arsitektur listrik Ultium General Motors berkat kemitraan dengan pembuat mobil yang berbasis di Detroit.

Sementara itu, Honda membantu peluncuran merek kendaraan pertama Sony, Afeela, yang pertama akan dijual di Amerika Utara pada 2026.

Honda  yang selama ini dianggap lengah dengan pesatnya peningkatan permintaan EV, telah berjuang untuk mengejar para pesaingnya di Eropa dan Amerika Utara. Kini mereka tidak hanya bertaruh tidak pada kendaraan baterai-listrik murni tetapi juga sepeda motor listrik, moped, skuter, kendaraan lepas landas dan pendaratan vertikal listrik, dan teknologi pertukaran baterai.

Dengan demikian, Honda mengumumkan Selasa 24 Januari bahwa mereka akan membuat divisi baru yang disebut Operasi Pengembangan Bisnis Elektrifikasi untuk mengkonsolidasikan semua penawaran ini. Mereka juga akan menyusutkan jumlah operasi regional dari enam menjadi tiga: Amerika Utara, China, dan “Kawasan Terkait.”

“Secara khusus, Honda akan berusaha untuk lebih mempercepat bisnis elektrifikasinya dan menciptakan nilai baru dengan memanfaatkan jangkauan produk dan layanan mobilitasnya yang luas dan meluas,” kata perusahaan itu dalam siaran pers yang dikutip The Verge.