Masyarakat Turki Dikejutkan  Awan Besar Merah Muda Berbentuk Piring Terbang atau Vagina
Penampakan awan lenticular di Turki (Foto: Twitter @leylagibibirisi)

Bagikan:

JAKARTA - Masyarakat di kota Bursa, Turki terkejut menemukan awan besar berwarna merah muda yang muncul di langit saat matahari terbit, dengan lubang besar di tengahnya.

Melansir dari DailyMail, awan besar ini dinamakan sebagai awan lenticular atau Altocumulus lenticularis yang artinya 'seperti lensa'. Awan lenticular merupakan awan yang terbentuk ketika udara stabil dan angin bertiup melintasi perbukitan dan pegunungan dari arah yang sama atau serupa pada ketinggian yang berbeda melalui troposfer.

Bentuk awan ini dapat dibilang menyerupai piring terbang, namun banyak orang yang beranggapan lain dan mengatakan bahwa bentuk awan ini bahkan menyerupai bentuk alat kelamin wanita atau Vagina.

Awan lenticular ini dibagikan oleh pengguna Twitter dengan nama akun @leylagibibirisi. Sumber mengatakan bahwa gambar ini difoto di atas Pusar Pelatihan Dirgantara Gokmen (GUHEM) di Bursa, Turki pada Kamis dini hari.

Awan yang dikenal dengan bentuk melengkung seperti piring terbang ini biasanya ditemukan di ketinggian sekitar 6.400 - 16.500 kaki. Menurut Mett Office, salah satu perusahaan prakiraan cuaca di Inggris mengatakan bahwa awan ini terkadang juga membentuk perbukitan.

"Bentuknya sangat mirip dengan piring terbang tradisional dalam fiksi ilmiah, dan awan lenticular asli diyakini sebagai salah satu penjelasan paling umum untuk penampakan UFO di seluruh dunia," tambah perusahaan.

Menurut Mett, awan lenticular adalah tanda yang terlihat dari gelombang gunung di udara. Ketika udara bertiup melintasi pegunungan, dalam keadaan tertentu, ia dapat membentuk rangkaian gelombang besar yang berdiri di hilir udara seperti riak air yang terbentuk di sungai ketika air mengalir ke atas penghalang,” paparnya.