NFT CryptoPunks Kembali Jadi Nomor Satu di Pasar Seni Digital, Lampaui BAYC
NFT Cryptopunks kembali rajai pasar NFT. (Foto; Dok. Bitcoin News)

Bagikan:

JAKARTA - Stabilitas pasar mata uang kripto yang semakin meningkat di awal tahun 2023, turut meningkatkan minat terhadap NFT (non-fungible token) berbasis Ethereum.

Berdasarkan data dari CryptoSlam, terjadi 726.992 transaksi penjualan NFT berbasis Ethereum sejak awal tahun dengan volume penjualan mencapai 289,47 juta dolar AS. Penjualan NFT ini mencatat rekor tertinggi pada 6 Januari dengan nilai 30,11 juta dolar AS dalam 17 hari terakhir.

Proyek NFT CryptoPunks kembali menjadi yang teratas setelah mengalami penurunan pangsa pasar pada Desember 2022. Menurut analisis dari alat NFTGo, kapitalisasi pasar CryptoPunks saat ini diperkirakan sebesar 1.71 miliar dolar, meningkat 14 persen dari bulan sebelumnya. Selain itu, jumlah penjualan koleksi NFT CryptoPunks juga meningkat 42 persen dalam 30 hari terakhir, dengan total penjualan sebesar 21.060.000 dolar AS.

Data dari NFT Floor Price menunjukkan bahwa harga dasar proyek telah meningkat 6 persen dalam sebulan terakhir, dengan harga CryptoPunk NFT saat ini di 67,47 ETH. Peningkatan ini diyakini didukung oleh lebih banyak perdagangan yang terjadi dalam koleksi NFT CryptoPunks. Proyek ini terus menjadi salah satu yang paling populer di dunia NFT.

Koleksi NFT CryptoPunks kembali menjadi proyek NFT dengan valuasi pasar tertinggi, setelah mengalami penurunan pangsa pasar pada Desember 2022. Kapitalisasi pasar CryptoPunks saat ini diperkirakan sebesar 1,71 miliar dolar AS, menyumbang 8,10 persen dari kapitalisasi pasar NFT secara keseluruhan yang sebesar 22,7 miliar dolar AS. BAYC mengikuti di posisi kedua dengan pangsa pasar 8,03 persen dan nilai pasar 1,68 miliar dolar AS.

Meskipun BAYC memiliki jumlah NFT yang lebih banyak yang terjual dibandingkan CryptoPunks, namun koleksi ini tetap populer di kalangan kolektor dan investor NFT. Tren perdagangan NFT yang meningkat selama beberapa bulan terakhir diduga karena interaksi yang lebih banyak di berbagai pasar.

Menurut Dune Analytics, sejauh bulan ini telah terjadi 144.105 transaksi NFT, lebih banyak dari jumlah transaksi yang diperkirakan sebelumnya. OpenSea menjadi platform yang paling banyak digunakan untuk melakukan transaksi seperti yang dilansir dari NFT News.