Pengorbit Korea Selatan Pamer Jepretan Indah Bumi dari Bulan
Foto Korea Aerospace Research Institute (KARI), gambar itu menunjukkan Bumi terbit di atas cakrawala bulan. (foto: dok. Korea Aerospace Research Institute )

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa waktu lalu misi Artemis I NASA memperlihatkan bagaimana tampak Bumi yang dipotret dari Bulan, kini giliran Korea Selatan yang unjuk gigi.

Korea Selatan diketahui meluncurkan misi bulan pertamanya pada Agustus 2022, dengan pesawat ruang angkasa Korea Pathfinder Lunar Orbiter (KPLO) yang tiba di orbit bulan pada Desember 2022.

Baru-baru ini, KPLO mengirim kembali beberapa gambar Bumi yang menakjubkan seperti yang terlihat dari Bulan. Dibagikan oleh Korea Aerospace Research Institute (KARI), gambar itu menunjukkan Bumi terbit di atas cakrawala bulan, diambil menggunakan kamera resolusi tinggi KPLO.

Pesawat ruang angkasa, juga dikenal sebagai Danuri, memiliki tujuan mensurvei Bulan untuk menemukan sumber daya seperti es air dan logam.

Lebih lanjut, gambar itu diambil pada 24 Desember dan 28 Desember, saat pesawat berada pada jarak 344 km dan 124 km dari permukaan bulan.

Keduanya menunjukkan medan bulan di latar depan dengan marmer indah ciri khas Bumi yang menjulang di atas cakrawala, diambil menggunakan instrumen Lunar Terrain Imager (LUTI) yang akan digunakan untuk mencari lokasi untuk misi pendaratan di masa mendatang.

Melansir Digital Trends, Senin, 9 Januari, instrumen tersebut dapat mengambil gambar permukaan bulan dengan resolusi spasial sekitar 5 meter, dan sedang melakukan pengintaian atas nama misi robot pendarat bulan yang direncanakan dari Korea Selatan pada 2030-an.

Menurut KARI, Danuri sekarang sedang melakukan pekerjaan seperti memeriksa kinerja muatan, menyesuaikan kesalahan dijadwalkan untuk melakukan misi sains dan teknologi skala penuh mulai Februari.

Danuri akan bekerja dengan enam instrumen sainsnya, termasuk kamera, magnetometer, spektrometer, dan alat pemetaan yang disediakan oleh NASA untuk memetakan lokasi air es di area bayangan permanen.

Menariknya, Danuri juga akan menguji teknologi komunikasi baru dengan cara yang menyenangkan. Seperti Eksperimen Delay-Tolerant Networking bertujuan untuk menciptakan sistem komunikasi pendarat bulan yang dapat menangani penurunan konektivitas, dan mengujinya dengan memainkan salah satu lagu Dynamite dari BTS.