Komisi Anak di Inggris Ungkap Bahaya Penggunaan Media Sosial Bagi Remaja dan Anak-anak
Dame Rachel de Souza, Komisi Anak di Inggris (foto: twitter @Rachel_deSouza)

Bagikan:

JAKARTA – Komisi Anak di Inggris menyebut bahaya tentang penggunaan media sosial. Mereka bahkan menyatakan bahwa medsos bisa membahayakan bagi anak muda. Namun sejumlah orang tua di Inggris, kesulitan untuk melarang media yang sangat populer itu di rumah.

Dame Rachel de Souza, dari Komisi Anak di Inggris  memperingatkan tentang bahaya media sosial, merujuk pada kasus Molly Russell, 14, yang bunuh diri setelah dibombardir dengan konten menyakiti diri sendiri dan bunuh diri.

"Saya pikir orang tua harus berpikir panjang dan keras tentang akses yang dipantau ke media sosial atau akses ke media sosial sama sekali," kata de Souza kepada The Sunday Telegraph, beberapa waktu lalu.

Ia menyarankan agar  orang tua untuk tidak membelikan anak-anak mereka smartphone – dan sebaliknya harus tetap menggunakan perangkat kuno tanpa akses internet.

“Saya sangat merasa bahwa kita perlu berhati-hati dan mengelola ini,” ujarnya.

Dame Rachel juga meminta para menteri di Inggris untuk menunjukkan 'tujuan moral' dan memastikan undang-undang internet baru, di bawah RUU Keamanan Online yang telah lama ditunggu-tunggu, untuk disahkan.

Ia juga meminta batasan usia yang lebih tegas, kepada anak-anak dalam menggunakan media sosial agar senantiasa dalam pantauan orang tua.