Bagikan:

JAKARTA - Terhitung mulai kuartal pertama 2022, berbagai macam Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) turut mewarnai akselerasi transformasi digital di Indonesia. 

Adopsi penerimaan pembayaran digital di tengah masyarakat juga menunjukkan peningkatan yang signifikan dari penggunaan produk dan layanan keuangan digital. 

Fintek memegang peranan penting dalam memperluas akses layanan keuangan dengan memastikan teknologi keuangan dapat melayani masyarakat segmen underbanked dan unbanked

Selama tahun 2022, DANA turut menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam melayani kebutuhan para pengguna, khususnya dalam bertransaksi secara digital, dan berhasil menduduki peringkat pertama kategori “Top Improvers” dalam Bank and Payment System Consideration Rankings 2022 oleh YouGov. 

Di samping perolehan peringkat pertama kategori “Top Improvers” oleh YouGov, dompet digital DANA juga mencatat angka pertumbuhan positif menjelang tutup tahun 2022.

Ekosistem keuangan digital yang semakin lumrah digunakan oleh pengguna dalam bertransaksi sehari-hari ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata jumlah transaksi harian di aplikasi DANA sebesar 160,30% pada November 2022 (YTD) atau sejumlah 16,4 juta transaksi. 

Kebiasaan pengguna dalam bertransaksi secara digital untuk melakukan transaksi kirim uang juga meningkat signifikan, yaitu sebesar 323,46% pada November 2022 (YTD). 

Berbagai fitur unggulan lainnya juga mencatatkan kenaikan yang signifikan, antara lain pembayaran QRIS sebesar 374,25%, pembayaran tagihan sebesar 172,47%, dan transaksi pembelian emas digital sebesar 262,87%. 

Hal ini menandakan semakin tingginya tingkat kepercayaan pengguna dalam memanfaatkan DANA sebagai  layanan keuangan modern yang aman, nyaman, dan terpercaya.

“Potensi yang lahir dari perkembangan teknologi menjadi peluang bagi PJP untuk terus berinovasi dalam menghadirkan layanan yang pada akhirnya akan mempercepat literasi dan inklusi keuangan di Indonesia," ujar Rangga Wiseno, Chief of Product DANA Indonesia, dalam pernyataan yang diterima di Jakarta. 

Pencapaian yang diperoleh DANA pada tahun 2022 merupakan salah satu indikator meningkatnya penerimaan masyarakat terhadap transformasi digital, serta menjadi salah satu pendorong bagi DANA untuk terus berkontribusi dalam mempercepat akselerasi literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.