Keunggulan Motor Listrik Bralink EV1 yang Dibuat di Purbalingga Punya Jarak Tempuh 40 Km
Sepeda motor listrik prototipe Bralink EV-1 buatan Purbalingga (ANTARA/Sumarwoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Motor listrik Bralink EV1 adalah kendaraan listrik yang digagas oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah yang bekerja sama dengan PT Rainbow Moto Builder (RMB) Jakarta.

Dikutip dari Antara, motor listrik tersebut dibentuk oleh Tim Kerja Kendaraan Listrik Purbalingga dan Fasilitasi Pelatihan Teknik Pengelasan oleh Kemenperin RI pada 10 Oktober 2022. Lalu, apa saja keunggulan Bralink EV1?

Sejarah Motor Listrik Bralink EV1

Ide pengembangan sepeda motor listrik diawali oleh Adega Anggayasta. Ia adalah owners RMB, bengkel sepeda motor spesialis modifikasi. Ide tersebut kemudian disambut oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purbalingga.

“Kami menargetkan membangun tiga unit prototype motor listrik berbasis batere dapat terwujud di akhir tahun ini,” kata Johan Arifin, Kepala Disperindag Kabupaten Purbalingga lewat siaran resminya, dikutip dari Antara.

Purbalingga sendiri memiliki 204 industri kecil menengah (IKM) logam dan alat angkut yang mampu memproduksi knalpot aftermarket (hand made). Pada tahun 2021, jumlah tenaga kerja dalam industri tersebut mencapai 1.326 orang.

Produk dari Purbalingga bahkan diakusisi oleh brand ternama dan pemasarannya tidak hanya secara nasional, namun merambah ke beberapa negara seperti Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Meksiko, dan Brasil. Selain itu ada pula perajin stang sepeda motor dari Purbalingga yang memasok pesanan dari bengkel modifikasi di Selandia Baru.

Atas hal tersebut, Disperindag Purbalingga kemudian menggali potensinya lebih dalam dengan merancang prototype sepeda motor listrik yang kemudian diwujudkan di penghujung tahun 2022. Setelah itu dibentuklah tim yang dipimpin oleh Yuszra Sabilla Suharto. Prototype tersebut kemudian dinamai dengan Bralink EV1.

Spesifikasi Motor Listrik Bralink EV1

Motor listrik Bralink EV1 jadi salah satu hal yang membuat masyarakat penasaran, termasuk warga Purwokerto yang mengunjungi Purbalingga Expo belum lama ini.

Salah satu pengunjung yang bernama Agus Budiarto mengaku nyaman dengan motor tersebut. “Akselerasinya bagus, tidak bersuara. Pokoknya nyaman,” kata Agus.

Selain itu keinstimewaan Bralink EV1 yang membedakan dengan motor listrik lain adalah handling-nya lebih nyaman karena rancangan bangun frame merupakan hasil olahan pemuda yang bisa menerjemahkan desain buatan Rainbow Moto Builder itu.

Ketua Tim Kerja Motor Listrik Purbalingga juga mengatakan bahwa fokus sepeda motor listrik tersebut adalah tampilan dan kenyamanan.

“Fokus kita look dan estetika serta kenyamannya bagus,” kata Yuszra Sabilla.

Daya yang dipakai Bralink EV1 adalah 60 volt 30 Ah tipe LifePO4. Dalam satu kali pengisian daya, kendaraan bisa menempuh jarak hingga 40 km. Selain itu Bralink EV1 memiliki life time mencapai 2.000 kali pengecasan. Harga Bralink EV1 juga telah ditentukan oleh tim pengembangan motor listrik Purbalingga yakni sebesar Rp40 juta per unit.

Itulah informasi terkait motor listrik Bralink EV1. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.