Jenis - Jenis Malware yang Bakal Mengacaukan Kerjaanmu, Waspadai Beberapa Jenis Ini Ya!
Jenis - Jenis Malware yang berbahaya (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Malware mungkin merupakan ancaman terbesar bagi kehidupan Anda. Sebelum kita bahas jenis - jenis Malware Anda harás tahu dulu apa itu Malware.

Jika serangan malware berhasil, hal itu dapat mengakibatkan hilangnya pendapatan, waktu henti yang tidak terduga, data yang dicuri, dan konsekuensi yang lebih mahal. Ada beberapa jenis malware, dan penyerang terus berinvestasi dalam versi yang lebih kompleks dan sulit dideteksi. Sekarang saatnya mengambil langkah proaktif untuk melindungi kerjaan Anda.

Apa itu Malware? Malware adalah perangkat lunak berbahaya yang digunakan oleh aktor ancaman untuk mendatangkan malapetaka pada organisasi atau individu. Malware biasanya ditemukan terlampir pada email, disematkan di tautan palsu, tersembunyi di iklan, atau menunggu di berbagai situs yang mungkin Anda (atau karyawan Anda) kunjungi di internet. Tujuan akhir malware adalah untuk merusak atau mengeksploitasi komputer dan jaringan, sering kali untuk mencuri data atau uang.

Yang diperlukan hanyalah satu klik salah oleh satu karyawan agar malware menginstal dirinya sendiri dan mulai menjalankan programnya.

Serangan malware sedang meningkat, terutama setelah pandemi. Jumlah total serangan telah meningkat menjadi 10,4 juta per tahun. Selain itu, vektor ancaman dan jenis serangan berubah. Serangan rantai pasokan dan ransomware meroket, dan aktor jahat semakin terorganisir — geng ransomware dan malware- sebagai-layanan sekarang lebih umum daripada pra-pandemi.

Penting untuk dicatat bahwa banyak serangan malware dimulai melalui rekayasa sosial atau serangan phishing. Meskipun ada alat yang dapat dan harus digunakan oleh individu dan organisasi untuk mencegah serangan malware, melatih pengguna adalah hal yang paling penting karena mereka adalah target rekayasa sosial.

Jenis - Jenis Malware

Ilustrasi Malware (Unsplash)
Ilustrasi Malware (Unsplash)

Worm

Worm menggandakan dirinya pada sistem, menempelkan diri ke file yang berbeda dan mencari jalur antar komputer, seperti jaringan komputer yang berbagi area penyimpanan file yang sama. Worm biasanya memperlambat jaringan. Virus membutuhkan program host untuk dijalankan tetapi worm dapat berjalan sendiri. Setelah worm mempengaruhi host, ia dapat menyebar dengan sangat cepat melalui jaringan.

Virus

Virus adalah kode berbahaya yang dapat dieksekusi yang dilampirkan ke file lain yang dapat dieksekusi. Virus menyebar ketika file yang terinfeksi dilewatkan dari sistem ke sistem. Virus bisa jadi tidak berbahaya atau dapat mengubah atau menghapus data. Membuka file dapat memicu virus. Setelah virus program aktif, itu akan menginfeksi program lain di komputer.

Trojan horse atau kuda Troya 

Trojan horse adalah malware yang melakukan operasi berbahaya dengan tampilan operasi yang diinginkan seperti memainkan game online.  Trojan berbeda dari virus karena Trojan mengikat dirinya ke file yang tidak dapat dijalankan, seperti file gambar, file audio.

Bom Logika

Bom logika adalah program berbahaya yang menggunakan pemicu untuk mengaktifkan kode berbahaya. Bom logika tetap tidak berfungsi sampai peristiwa pemicu itu terjadi. Setelah dipicu, bom logika mengimplementasikan kode berbahaya yang menyebabkan kerusakan pada komputer.

Spesialis cybersecurity baru-baru ini menemukan bom logika yang menyerang dan menghancurkan komponen perangkat keras di workstation atau server termasuk kipas pendingin, hard drive, dan catu daya. Bom logika membebani perangkat ini sampai terlalu panas atau gagal.

Ransomware

Ransomware menangkap sistem komputer atau data di dalamnya hingga korban melakukan pembayaran. Ransomware mengenkripsi data di komputer dengan kunci yang tidak diketahui pengguna. Pengguna harus membayar tebusan (harga) kepada penjahat untuk mengambil data. Setelah jumlah dibayarkan, korban dapat melanjutkan menggunakan sistemnya.

Pintu belakang

Pintu belakang mem-bypass otentikasi yang biasa digunakan untuk mengakses sistem. Tujuan dari pintu belakang adalah untuk memberikan akses masa depan kepada penjahat dunia maya ke sistem bahkan jika organisasi memperbaiki kerentanan asli yang digunakan untuk menyerang sistem.

Rootkit

Rootkit memodifikasi OS untuk membuat pintu belakang. Penyerang kemudian menggunakan pintu belakang untuk mengakses komputer dari jarak jauh. Sebagian besar rootkit memanfaatkan kerentanan perangkat lunak untuk memodifikasi file sistem.

Keylogger

Keylogger merekam semua yang diketik pengguna di sistem komputernya untuk mendapatkan kata sandi dan informasi sensitif lainnya dan mengirimkannya ke sumber program keylogging.

Spyware

Tujuannya adalah untuk mencuri informasi pribadi dari sistem komputer untuk pihak ketiga. Spyware mengumpulkan informasi dan mengirimkannya ke peretas.

Jadi setelah mengetahui jenis-jenis Malware , simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!