Dua Astronot NASA Lakukan Spacewalk Selama Tujuh Jam di Luar ISS, Kenapa?
Astronot Cassada dan Rubio berjalan di luar angkasa selama tujuh jam. (foto: dok. NASA)_

Bagikan:

JAKARTA - Dua panel surya yang belum lama ini tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) telah berhasil dipasang di stasiun yang mengorbit Bumi itu. Astronot NASA Josh Cassada dan Frank Rubio berhasil memasang dan membentangkannya pada Sabtu, pekan lalu.

Astronot Cassada dan Rubio berjalan di luar angkasa selama tujuh jam untuk memasang dan membentangkan ISS Roll-Out Solar Array atau iROSA itu, yang pada 27 November lalu dikirimkan oleh kapal kargo Dragon, SpaceX. Spacewalk tersebut dimulai pada pukul 7:16 EST.

Awal tamasya secara resmi ditandai ketika para astronot mengganti pakaian antariksa mereka dengan tenaga baterai. Dalam video yang diunggah NASA di laman resmi Twitter-nya, terlihat kedua astronot itu sedang melakukan pekerjaannya di luar ISS dengan dipantau kru di Bumi.

iROSA di pasang di braket pemasangan kanan 4, atau S4, bagian dari tiang listrik stasiun ruang angkasa, yang berukuran lebih dari panjang lapangan sepak bola.

Melansir Spaceflightnow, Senin, 5 Desember, mereka membuka unit iROSA pada engselnya, lalu memasang baut untuk mengamankannya pada tempatnya. Cassada dan Rubio memasangkan konektor listrik untuk menghubungkan unit iROSA baru ke sistem kelistrikan ISS.

Kemudian, mereka memasang kabel Y untuk mengarahkan daya yang dihasilkan oleh panel surya baru yang diluncurkan dan panel surya S4 asli ke jaringan listrik lab.

Braket pemasangan menyambungkan susunan baru ke saluran daya dan sambungan putar stasiun, yang menjaga sayap surya tetap mengarah ke Matahari saat pesawat ruang angkasa berpacu mengelilingi Bumi dengan kecepatan lebih dari 17.000 mph.

Menurut NASA, panel surya tersebut akan memberi ISS daya 30 persen lebih banyak, menghasilkan total energi 120.000 watt selama orbit siang hari.

NASA mengatakan itu adalah perjalanan ruang angkasa ke-256 untuk mendukung perakitan, peningkatan, dan pemeliharaan ISS, serta merupakan perjalanan ruang angkasa kedua untuk kedua astronot.

Baik Cassada maupun Rubio berada di tengah-tengah misi sains enam bulan yang direncanakan, tinggal dan bekerja di laboratorium gayaberat mikro guns memajukan pengetahuan ilmiah dan mendemonstrasikan teknologi baru untuk misi eksplorasi manusia dan robot di masa depan, termasuk misi Bulan melalui Artemis NASA.

Setelah ini, spacewalk akan kembali dilakukan pada 19 Desember mendatang, untuk memasang iROSA lainnya pada saluran daya 4A di rangka pelabuhan. Ini akan menjadi iROSA keempat dari total enam yang direncanakan untuk dipasang.