Twitter Putus 4.400 Karyawan Kontrak, Bagian dari Rasionalisasi yang Dilakukan Elon Musk
Elon Musk membuat cuitan game over di saat banyak karyawan dipecat. (foto: twitter @elonmusk)

Bagikan:

JAKARTA - Twitter akhirnya memutus sejumlah besar karyawan kontrak pada Sabtu, 12 November. Menurut Casey Newton dari Platformer, keputusan ini  mempengaruhi  4.400 hingga 5.500 pekerja kontrak.

Seperti yang dicatat oleh Platformer dan dikonfirmasi oleh laporan lain dari Axios dan CNBC, sebagian besar karyawan kontrak tersebut tidak menerima pemberitahuan bahwa mereka telah diberhentikan dan baru mengetahui setelah kehilangan akses ke email perusahaan dan sistem komunikasi internal.

Pemutusan hubungan kerja ini mengikuti PHK massal yang memusnahkan sekitar setengah dari tenaga kerja Twitter dan memangkas 15 persen dari kepercayaan dan tim keamanannya.

Platformer pertama kali melaporkan tentang pemecatan massal pada Sabtu malam, yang mencakup karyawan yang berbasis di AS dan global yang bekerja dalam moderasi konten, real estat, pemasaran, teknik, dan departemen lainnya.

Twitter dilaporkan gagal memberi tahu manajer tentang pemutusan hubungan kerja ini juga, yang tidak menyadari rekan mereka telah diberhentikan sampai setelah melihat bahwa akun mereka telah dinonaktifkan di sistem Twitter.

Menurut email internal yang dikirim ke kontraktor dan diperoleh oleh Insider, Twitter menjelaskan bahwa pemutusan hubungan kerja adalah bagian dari “prioritas ulang dan penghematan." Ini juga memberi tahu karyawan bahwa hari terakhir mereka adalah Senin, 14 November, tetapi mereka tidak diharapkan untuk melakukan apa pun.

Setelah akuisisi oleh Musk, sejumlah eksekutif Twitter telah mengundurkan diri atau dipecat, dan ada kemungkinan lebih banyak karyawan kehilangan pekerjaan karena kebijakan kerja langsung perusahaan yang baru.

Dalam transkrip sesi tanya jawab antara Musk dan karyawan yang diperoleh Alex Heath dari The Verge, Musk menjelaskan bahwa pekerja harus kembali ke kantor dan hanya "orang luar biasa" yang dapat bekerja dari jarak jauh. "Pada dasarnya, jika Anda dapat muncul di kantor dan Anda tidak muncul di kantor, maka pengunduran diri diterima," kata Musk.

Twitter tidak segera membalas permintaan komentar dari media. Maklum perusahaan itu kini tidak lagi memiliki departemen komunikasi.