Sudah Tujuh Tahun Kerja Sama, Nintendo dan DeNA Buat Perusahaan Patungan Baru
Nintendo dan DeNA buat perusahaan patungan baru (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Nintendo dan perusahaan gim seluler DeNA mengumumkan pendirian perusahaan patungan baru selama rapat direksi yang diadakan pada Selasa, 8 November kemarin.

Diketahui sebelumnya, Nintendo dan DeNA telah bekerjasama sejak 2015 lalu. Pendirian perusahaan patungan ini menunjukkan langkah kedua perusahaan ke tingkat berikutnya.

"Sebagai bagian dari upaya ini, Nintendo memasuki aliansi bisnis dan modal dengan DeNA pada tahun 2015 dan telah berkolaborasi untuk mengembangkan dan mengoperasikan sistem inti baru yang berpusat di sekitar Akun Nintendo sejak saat itu," tulis Nintendo dalam keterangan yang dibagikan di Twitter.

Nintendo menyebutkan, tujuan dari pembentukan perusahaan gabungan ini adalah untuk memperkuat digitalisasi bisnisnya, serta akan berfokus pada penelitian dan pengembangan gim di masa mendatang.

"Dengan tujuan untuk memperkuat digitalisasi bisnis Nintendo, perusahaan patungan ini akan meneliti dan mengembangkan, serta menciptakan layanan bernilai tambah untuk lebih memperkuat hubungan Nintendo dengan konsumen," sambung perusahaan.

Nama resmi perusahaan patungan itu adalah Nintendo Systems, dan akan berfungsi sebagai anak perusahaan Nintendo, dengan yang terakhir menyumbang 80 persen dari modal 5 miliar yen (Rp537 miliar).

Selanjutnya, studio menyebutkan bahwa beberapa karyawan dan pejabat Nintendo nantinya juga akan mengambil peran sebagai direktur di Nintendo Systems.

Sejak Nintendo dan DeNA mulai bekerja sama pada tahun 2015, mereka telah bersama-sama mengembangkan beberapa layanan yang berpusat di sekitar Akun Nintendo. 

Sementara itu, DeNA juga telah berhasil mengerjakan sejumlah judul gim seluler untuk Nintendo, termasuk Miitomo, Super Mario Run, Animal Crossing: Pocket Camp, Mario Kart Tour, dan masih banyak lagi.