MediaTek Inc Luncurkan  Dimensity 9200,  Chip Baru yang Diklaim Lebih Kecil dan Hemat Daya
MediaTek Inc, meluncurkan chip baru yang disebut Dimensity 9200. (foto: twitrter @MediaTek)

Bagikan:

JAKARTA - Pembuat chip smartphone asal Taiwan, MediaTek Inc,  pada Selasa, 8 November  meluncurkan chip baru yang disebut Dimensity 9200  yang tampaknya akan merebut lebih banyak pasar premium.

Perusahaan mengatakan chip 5G ini dibuat di Taiwan Semiconductor Manufacturing Co's  menggunakan teknologi produksi chip 4-nanometer generasi kedua, yang mengacu pada ukuran transistor. Umumnya, semakin kecil transistor, maka semakin hemat daya chip tersebut.

Phil Solis, analis chip smartphone di IDC, mengatakan chip baru ini adalah kunci strategi MediaTek untuk bergerak ke hulu.

"Produk ini akan membantu MediaTek berkembang di pasar AS dan Eropa dan membantu mengubah persepsi konsumen tentang MediaTek," kata Solis kepada Reuters.

Smartphone Android premium telah didominasi oleh pembuat chip AS, Qualcomm Inc, yang juga memasok chip modem untuk iPhone dari Apple untuk konektivitasnya. Sementara MediaTek memiliki sebagian besar pasar untuk ponsel Android murah, chip tersebut dijual jauh lebih murah daripada chip untuk ponsel premium.

“MediaTek jauh di belakang Qualcomm dalam hal pendapatan, dan itulah yang coba diubah oleh MediaTek,” kata Solis.

MediaTek mengatakan efisiensi daya chip baru membantu mencapai masa pakai baterai yang lebih lama dan menciptakan pengalaman bermain gim yang lebih baik di smartphone.