Bagikan:

JAKARTA - Jika Anda tahu apa itu Local Area Network (LAN),  Anda pasti sudah tidak asing dengan Ethernet Cable atau Kabel Ethernet. Ethernet adalah standar yang paling banyak dipakai untuk kabel Local Area Network (LAN). 

Kabel Ethernet biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti PC, router, dan saklar dalam jaringan area lokal. Meskipun kecepatan transmisinya mencapai hingga 400 Gbps saat ini, kecepatan Ethernet dibagi menjadi beberapa kategori (Cat) mulai dari CAT 3 hingga CAT 8.

Bagaimana memilih kabel Ethernet

Mencari tahu kabel Ethernet mana yang paling cocok untuk Anda memang tidak mudah. Namun, penjelasan yang akan VOI sampaikan kali ini mungkin dapat bermanfaat untuk Anda dalam memilih kabel Ethernet terbaik untuk lingkungan rumah atau kantor Anda.

Melacak Kecepatan Internet  

Merangkum dari berbagai sumber, hal termudah untuk memilih kabel Ethernet adalah dengan memilih kabel dengan jangkauan dan kinerja sesuai dengan yang Anda butuhkan. 

Pertama, mulailah dengan mencari tahu kecepatan koneksi internet di rumah atau kantor Anda. Sama seperti jaringan Wi-Fi yang berbeda, kategori ethernet juga memiliki kecepatan yang berbeda.

  • Cat-5 mendukung kecepatan maksimum 100Mbps, biasanya tanpa pelindung.
  • Cat-5e mendukung kecepatan maksimum 1Gbps, tersedia dalam varietas berpelindung dan tidak berpelindung.
  • Cat-6 mendukung kecepatan maksimum 10Gbps untuk lari di bawah 55 meter (sekitar 180 kaki), tersedia dalam varietas berpelindung dan tidak berpelindung.
  • Cat-6a mendukung kecepatan maksimum 10Gbps, terlindung.
  • Cat-7 menggunakan konektor GG45 eksklusif daripada konektor RJ-45 standar yang terlihat pada kabel lain untuk kecepatan 10 Gbps, terlindung.
  • Cat-8 mendukung kecepatan maksimum 25Gbps (Cat-8.1) atau 40Gbps (Cat-8.2) pada jarak sekitar 30 meter (sekitar 100 kaki), terlindung.

Setiap generasi kabel dirancang agar kompatibel dengan generasi sebelumnya, jadi ini memungkinkan untuk menggunakan kabel Cat-6a dengan router yang hanya mendukung kecepatan 1Gbps.

Terlindung atau Tidak Terlindungi

Kabel ethernet memiliki dua jenis, yaitu kabel dengan pelindung dan juga tidak berpelindung, tergantung yang Anda pilih. Kabel berpelindung sering disebut dengan Shielded Twisted Pair (STP).

Jenis kabel STP ini dirancang untuk lingkungan dengan banyak interferensi elektromagnetik seperti saluran listrik, jaringan nirkabel atau di mana gelombang radio ditemukan seperti studio TV.

Sedangkan kabel tak berpelindung atau Unshielded Twisted Pair (UTP) lebih cocok digunakan di lingkungan dengan sedikit cross-talk atau noise, seperti rumah dan usaha kecil. UTP lebih fleksibel, kecil, dan lebih murah untuk dibeli.

Jenis Bahan Kabel

Karena kabel ethernet berfungsi untuk mentransfer sinyal menggunakan tembaga, jadi kualitas tembaga sering kali menunjukkan kualitas sinyal yang akan didapatkan.

Kabel yang lebih murah hanya menggunakan aluminium berlapis tembaga, yang memungkinkan Anda akan mengalami kehilangan sinyal yang lebih tinggi. Sedangkan tembaga murni akan membuatnya lebih stabil, tahan lama, dan sangat kondusif