Ini Televisi Terkecil di Dunia, TinyTV dengan Layar 15 Milimeter Dijual Rp775 Ribu
TinyTV, televisi terkecil di dunia. (foto: dok. TinyCircuits)

Bagikan:

JAKARTA – Banyak pabrik televisi berusaha untuk membuat televisi dengan layar terbesar yang mereka mampu lakukan. Namun satu perusahaan telah memutuskan untuk mengambil arah lain, dengan membuat TV terkecil di dunia.

TinyCircuits, sebuah perusahaan elektronik, telah meluncurkan dua prototipe baru dalam jajaran TinyTV, termasuk satu dengan layar 0,6 inci (15 mm).

TinyTV 2 memiliki layar 1,0 inci (26 mm) dan terletak di atas speaker depan berukuran 0,6 kali 0,4 inci (16 kali 9 mm).

Sesuai dengan estetika retronya, televisi yang menggemaskan ini dilengkapi dengan dua tombol putar yang menyesuaikan volume dan 'mengubah saluran' di antara video.

Saudaranya yang lebih kecil, TinyTV Mini, hanya seukuran prangko, tetapi masih menawarkan satu jam pemutaran per pengisian daya.

Mereka saat ini menjadi subjek kampanye Kickstarter, yang sejauh ini telah mengumpulkan lebih dari 111.650 (Rp1,9 miliar) pendanaan.

Video dapat dimuat oleh pengguna atau dapat dialirkan melalui TinyTV menggunakan kabel USB-C untuk menghubungkannya ke komputer.

Baik TinyTV 2 dan TinyTV Mini berukuran kecil dilengkapi dengan kartu microSD 8GB terpasang, yang dapat menampung lebih dari 10 dan 40 jam rekaman di perangkat masing-masing.

Alat itu sudah diinstal sebelumnya dengan beberapa video sumber terbuka, termasuk video perapian yang menderu.

Namun, pengguna dapat memuat film, program, dan video TikTok favorit mereka sendiri dengan mencolokkannya ke komputer mereka dan menarik file.

Video-video ini harus terlebih dahulu dikonversi ke format ramah TinyTV menggunakan perangkat lunak gratis yang disediakan oleh TinyCircuits.

Menurut laporan Daily Mail,  perangkat lunak ini juga memungkinkan pengguna untuk menambahkan efek ke video mereka, seperti perulangan statis dan video.

Sementara kedua model dapat dikontrol dengan tombol atau kenop built-in, TinyCircuits juga telah membuat remote kontrol inframerah opsional. Remote ini dapat menghidupkan perangkat, mengubah volume atau mengubah pemutaran video.

Rentang TinyTV dibuat oleh Ken Burns, Pendiri dan Presiden TinyCircuits, dan diproduksi di Ohio, AS. Perusahaan elektronik kecil ini meluncurkan proyek pertamanya, prosesor komputer mini yang disebut proyek TinyDuino, pada tahun 2012.

Berikutnya adalah TinyScreen, unit tampilan yang menyertainya, pada tahun 2014, sebelum digabungkan ke dalam konsol game Tiny Arcade pada tahun 2015.

Sekitar lima tahun yang lalu, pria asal Jepang bernama, Yashusi Enari, membeli TinyScreen+ generasi berikutnya dan mulai membuat miniaturnya sendiri dengan TinyScreen+.

Dia mencetak 3D miniatur televisi bernama MAME-TV, yang sangat sukses sehingga menarik perhatian TinyCircuits, dan mereka mulai berkolaborasi.

Sayangnya, Yashusi didiagnosis menderita kanker otak pada tahun 2018, dan tahun berikutnya dokter menemukan tumor yang berarti dia tidak dapat melanjutkan proyek tersebut.

Dia meninggal pada 1 Mei 2019, tetapi meminta agar tim TinyCircuits melanjutkan pekerjaan dengan MAME-TV-nya, yang menghasilkan TinyTV DIY Kit.

Diluncurkan pada akhir 2019, ini memungkinkan pelanggan untuk membuat dan menyesuaikan TinyTV mereka sendiri, tetapi juga menyediakan dasar dari TinyTV 2 dan TinyTV Mini.

Kedua model baru ini menjanjikan layar yang lebih cerah, speaker yang lebih keras, port USB-C, dan sudah dirakit sebelumnya bagi mereka yang mungkin tidak begitu mahir dengan instruksi manual.

TinyTV 2 hitam-abu-abu dan TinyTV Mini serba hitam tersedia untuk dipesan melalui Kickstarter dengan janji 49 dolar AS (Rp755 ribu), sementara versi yang jelas dari keduanya dengan harga 59 dolar AS (Rp910 ribu).

Sebuah remote inframerah dapat dipesan dengan tambahan 10 dolar AS (Rp150 ribu), dan pembeli bahkan dapat mengajukan permohonan untuk memasukkan nama untuk disertakan dalam layar kredit khusus yang akan diprogram ke setiap TinyTV 2 dan TinyTV Mini.