Detektif Blockchain ZachXBT Ungkap Penipuan <i>Phising Monkey Drainer</i> yang Gasak 700 Eth
Detektif blockchain ZachXBT melacak dan menyoroti aktivitas phishing. (foto: twitter ZachXBT )

Bagikan:

JAKARTA - Seorang penipu melakukan phishing yang diduga menggunakan nama samaran Monkey Drainer dilaporkan telah menggesek Ether senilai sekitar 1 juta dolar AS (Rp15,4 triliun) melalui situs web peniru pencetakan token nonfungible (NFT) yang meragukan minggu ini.

Detektif blockchain terkenal ZachXBT adalah salah satu yang pertama melacak dan menyoroti aktivitas tersebut, pada 26 Oktober.

“Selama 24 jam terakhir ~700 ETH (1 juta dolar AS) telah dicuri oleh scammer phishing yang dikenal sebagai Monkey Drainer. Mereka baru-baru ini melampaui 7.300 transaksi dari dompet drainer mereka setelah hanya ada beberapa bulan,” ungkap ZachXBT, seperti dikutip Cointelegraph.

“Dua korban terbesar selama satu hari terakhir termasuk 0x02a & 0x626 yang secara kolektif kehilangan 370 ribu dolar AS karena menandatangani transaksi di situs phishing berbahaya,” tambah ZachXBT.

Penyelidik penipuan blockchain juga melanjutkan untuk menegaskan bahwa dalam jangka panjang, Monkey Drainer diduga telah mencuri lebih dari 3,5 juta dolar AS dari skema mereka, dengan “jumlah itu meningkat pesat setiap hari.”

Penipuan phishing sering kali melibatkan penjahat yang membagikan tautan ke situs web yang meniru proyek nyata atau perusahaan yang dirancang untuk menipu korban agar menyerahkan kredensial pribadi dengan menawarkan peluang pembelian yang menarik atau promosi gratis.

Empat alamat, khususnya, telah ditandai terkait dengan Monkey Drainer, termasuk alamat monkey-drainer.eth.

Setelah mencari alamat-alamat ini di jaringan keamanan Web3 berbasis komunitas blockchain Chainabuse, saat ini menunjukkan daftar panjang laporan yang berkaitan dengan penipuan airdrop, penipuan NFT, dan serangan phishing.

Insiden yang dilaporkan termasuk penipuan airdrop melalui saluran perselisihan Astrobot Society, pasar Fake Wolf Game dan Bored Ape Yacht Club dan Aptos Airdrop palsu, untuk beberapa nama.

Komunitas keamanan Web3, Wallet Guard, juga menanggapi utas Twitter ZachXBT dan menyatakan bahwa mereka telah “menemukan beberapa situs mint lain yang baru saja dibuat” yang memiliki Monkey Drainer di bagian belakang, termasuk tautan daftar putih Garbage Friends palsu yang merupakan situs web phishing.

ZachXBT telah menjadi penyelidik blockchain independen yang disegani selama beberapa tahun terakhir, karena mengungkap banyak perilaku jahat di ruang kripto.

Awal bulan ini, wakil kepala unit cyber nasional Prancis, Christophe Durand, bahkan mengutip pekerjaan ZachXBT untuk membantu pejabat melacak penipuan phishing dari lima orang yang diduga mencuri NFT senilai 2,5 juta dolar AS.