Bagikan:

JAKARTA - Saat menjelajahi Internet, kita sering kali terganggu dengan ikan yang muncul di laman mau pun secara pop-up. Tenang, Anda bisa mengatasi gangguan ini dengan dukungan aplikasi pemblokiran iklan atau ad-blocking.

Terkadang, iklan tak hanya muncul di laman web saja, tetapi juga saat Anda menonton video. Salah satu cara terbaik untuk melindungi diri Anda dari iklan adalah dengan menginstal perangkat lunak pemblokir iklan yang mendeteksi serta menonaktifkan video, grafik, juga iklan teks yang muncul di perangkat Android Anda saat menggunakan aplikasi atau menjelajahi situs web.

Meski begitu, dengan memasang aplikasi pemblokir iklan di perangkat Android Anda berarti kemungkinan besar Anda akan memengaruhi mata pencaharian orang-orang yang menjalankan situs yang Anda sukai.

Namun, jika Anda tetap menginginkannya, berikut VOI informasikan beberapa aplikasi pemblokiran iklan yang terbaik.

1. AdAway

Ini beroperasi sebagai aplikasi pemblokiran iklan sumber terbuka gratis untuk Android, tersedia untuk perangkat yang di-rooting dan yang tidak di-root. AdAway memblokir iklan menggunakan file host, seperti file teks yang memetakan nama host ke alamat IP.

Anda dapat membuat daftar putih atau daftar hitam domain atau menambahkan file host baru. AdAway membutuhkan akses root karena file host terletak di partisi sistem. Dengan perangkat yang tidak di-rooting, aplikasi menggunakan VPN untuk memblokir koneksi keluar ke iklan dan pelacak. Anda juga dapat mengunduh iklan bawaan dan daftar pemblokir sebagai file host langsung di dalam aplikasi.

2. Adblock Browser

Tidak seperti kebanyakan pemblokir iklan, Adblock Browser tersedia di Google Play Store sebagai ekstensi browser sumber terbuka gratis yang mengoptimalkan pengalaman menjelajah Anda.

Aplikasi ini berfungsi pada perangkat yang di-rooting dan tidak di-root untuk memblokir iklan serta menonaktifkan pelacakan. Adblock Browser tidak memblokir setiap iklan yang tidak mengganggu, yang dikenal sebagai iklan yang dapat diterima. Namun, Anda juga dapat memblokir iklan yang dapat diterima dengan menyesuaikan preferensi browser seluler Anda.

3. AdGuard

Aplikasi ini melindungi data pribadi Anda dari pelacak online dan sistem analitik yang dapat mencuri data saat Anda menjelajahi situs web favorit. Ekstensi browser AdGuard memblokir iklan di seluruh arsitektur seluler Anda, termasuk iklan video dan iklan di dalam aplikasi, browser, gim, atau situs web Anda.

Puluhan filter iklan tersedia dan diperbarui secara berkala. Serangkaian setelan dan filter, dikombinasikan dengan alat manajemen aplikasi, membantu Anda menyesuaikan preferensi iklan, sementara memuat lebih sedikit iklan dapat menghemat bandwidth.

4. AdLock

Terakhir, aplikasi ini memungkinkan Anda menjalankan aplikasi dan menjelajahi situs web tanpa menemui iklan berkedip, pop-up, spanduk, dan video putar otomatis. Anda dapat menginstal AdLock dan memanfaatkan fitur-fiturnya tanpa akses root.

AdLock mencegah phishing dengan menghalangi permintaan yang mencurigakan atau tidak diminta, yang pada gilirannya membantu mengamankan data pribadi Anda. Ketika AdLock diaktifkan, itu juga akan membantu melindungi ponsel Anda dari bug dan spyware. Anda dapat membatasi akses internet ke aplikasi tertentu atau tetap terhubung hanya saat layar menyala sehingga Anda tidak pernah melebihi batas data Anda. Demikian dikutip dari Digital Trends, Rabu, 26 Oktober.