Samsung Hadirkan Banyak Fitur Modern di One UI 5
Samsung akan melihat antarmuka yang diperbarui One UI 5. (foto: dok. samsung)

Bagikan:

JAKARTA - Akhir bulan ini pengguna ponsel cerdas Samsung akan melihat antarmuka yang diperbarui One UI 5 ke perangkat mereka. Kali ini perusahaan lebih befokus pada fitur personalisasi penggunanya.

Pembaruan pertama melibatkan layar kunci, di mana pengguna dapat memilih hingga 15 foto dan video untuk layar kunci mereka. Foto tersebut akan muncul setiap kali pengguna menghidupkan layar.

Pengguna juga bisa membiarkan fitur tersebut bekerja sendiri dengan pilihan gambar yang dikurasi, pengguna akan melihat gambar yang berbeda setiap kali mereka membuka layar ponsel.

Pengguna bisa memilih hingga lima kategori gambar seperti hewan, tanaman dan lainnya. Untuk mencegah mereka bosan, Samsung akan memperbarui koleksi gambar setiap dua minggu.

Selain itu, pengguna juga dapat mengubah wallpaper, gaya jam, dan pop-up notifikasi di layar kunci. Pembaruan UI juga hadir untuk pengguna Galaxy Watch.

Lebih lanjut, Samsung mengatakan mereka telah mendesain ulang notifikasi agar terlihat lebih intuitif dan mudah diurai dengan sekali pandang. Begitu pun dengan widget yang ditingkatkan di layar beranda.

One UI 5 juga akan memiliki tombol jawab dan tolak saat pengguna melihat pop-up panggilan. Menyoal panggilan, dikutip dari Engadget, Jumat, 14 Oktober, ada fitur baru yang disebut Bixby Text Call.

Pengguna akan dapat menjawab panggilan dengan mengetik pesan dan Bixby dapat membacakan ini kepada penelepon. Asisten suara itu bisa mengubah apa yang dikatakan penelepon menjadi teks.

Kemampuan tersebut bisa berguna jika pengguna berada di lingkungan yang bising dan tidak dapat mendengar apa yang dikatakan orang lain. Bixby Text Call tersedia dalam bahasa Korea sebagai bagian dari One UI 4.1.1. Versi bahasa Inggris akan tiba pada awal 2023.

Terakhir, pengguna dapat memiliki mode dengan pengaturan khusus untuk situasi tertentu, seperti saat mereka tidur, bersantai, atau berolahraga. Dalam mode santai, pengguna dapat membisukan notifikasi sehingga mereka dapat fokus menonton video atau bermain gim.

Saat waktunya tidur, ponsel akan mematikan semua suara dan mengurangi kecerahan layar dengan mode yang sudah diatur. Untuk itu, perangkat akan mengajukan serangkaian pertanyaan sederhana untuk membantu pengguna mengatur mode sesuai keinginan.