Bagikan:

JAKARTA - Masa depan 5G semakin dekat, kita akan segera memiliki akses ke jaringan berkekuatan tinggi dan latensi rendah dimanapun kita berada. Namun, itu tidak selamanya aman. Setidaknya itulah yang disampaikan oleh perusahaan teknologi Cloudflare.

Untuk memecahkan tantangan keamanan yang telah disebutkan tadi, Cloudflare akan meluncurkan dua produk terbarunya, Zero Trust SIM dan Zero Trust for Mobile Operators, yang menargetkan pengguna smartphone, dan perusahaan untuk mengamankan operator yang menjual layanan data.

Zero Trust SIM

Seluler menjadi vektor ancaman baru. Bulan lalu, Cloudflare adalah salah satu dari 130 perusahaan yang menjadi sasaran serangan phishing. Ponsel adalah landasan serangan, dimana karyawan awal dihubungi melalui SMS.

"Mengingat betapa mendasarnya jaringan seluler yang beroperasi saat ini, Cloudflare akhirnya menciptakan Zero Trust SIM sebagai lapisan pertahanan tingkat sel, yang tidak dapat dilakukan VPN dan lapisan aman lainnya.

Untuk permulaan, Zero Trust SIM akan diluncurkan di AS, dan akan tersedia sebagai eSIM yang dapat diterapkan melalui platform pengelolaan perangkat seluler yang ada di perangkat iOS dan Android. 

"Pendekatan eSIM-first memungkinkan kami untuk mencegah serangan pertukaran SIM atau kloning, dan dengan mengunci SIM ke perangkat individu karyawan, memberikan perlindungan yang sama ke SIM fisik," kata perusahaan dalam blognya.

eSIM nantinya akan dikunci ke perangkat tertentu guna mengurangi risiko serangan pertukaran SIM, dan dapat digunakan baik dalam konfigurasi mandiri atau bersama-sama dengan agen seluler Cloudflare, WARP.

Sementara harga belum diputuskan, Zero Trust SIM yang akan diluncurkan dalam beberapa bulan kedepan ini akan diperlakukan sebagai bagian dari platform Zero Trust Cloudflare dari perspektif penagihan.

Zero Trust for Operator Seluler

Program kemitraan Cloudflare dengan operator seluler ini akan memungkinkan penyedia layanan untuk menawarkan langganan alat keamanan seluler dari platform Zero Trust Cloudflare, kata Graham-Cumming kepada TechCrunch.

“Kami senang bermitra dengan operator jaringan seluler untuk layanan ini karena jaringan dan layanan kami sangat saling melengkapi,” kata tim Cloudflare.

Selama ada konektivitas, Anda dapat melapisi keamanan konektivitas Anda dengan platform Zero Trust untuk memastikan setiap pengguna hanya dapat mengakses sumber daya yang telah diberikan izin secara eksplisit. 

"Jaringan yang kami gunakan tumbuh dan menjadi lebih terdistribusi. Arsitektur Zero Trust memungkinkan pertumbuhan itu sekaligus melindungi dari risiko yang diketahui," ujar perusahaan.