Serangan Siber Terus Meneror Ruang Digital, Menkominfo: Ini Harus Dapat Diatasi dengan Baik
Menkominfo Johnyy G. Plate (foto: dok. Humas Kominfo)

Bagikan:

JAKARTA - Perkembangan teknologi digital tentu tidak lepas dari tantangan untuk menjaga ekosistem ruang digital lebih aman dan produktif. Karena itu, Menteri Kominfo, Johnny G. Plate mengajak seluruh pihak untuk terus meningkatkan kolaborasi.

“Sektor Kominfo secara khusus sektor aplikasi digital mengalami tantangan yang besar. Tantangan yang besar itu harus dihadapi bersama-sama, harus dihadapi secara bergotong-royong, harus dihadapi secara kolaborasi antara kementerian, lembaga, pemerintah pusat, pemerintah daerah dan sektor privat,” ujar Johnny dalam perayaan HUT ke-21 Kominfo dalam rilisnya, dikutip Selasa, 20 September.

Menkominfo menyatakan tantangan yang dihadapi saat ini adalah serangan siber yang berlangsung di ruang digital. Oleh karena itu, Johnny mengimbau agar cyber attack dalam cyber security harus dapat diatasi dengan baik.

Lebih lanjut, Johnny menyatakan saat ini mereka masih terus membangun infrastruktur hulu dan infrastruktur hilir TIK untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Pemerintah melalui Kementerian Kominfo juga tengah menyiapkan pembangunan Government Cloud atau Pusat Data Pemerintah. 

“Kesiapan tersebut juga harus diimbangi dengan kemampuan untuk mencegah dan menahan serangan siber.  Dalam berbagai bentuk dan caranya, di jaringan maupun di end point atau titik-titik akhir sampai kepada laptop, server, gadget dan lain sebagainya harus punya," jelasnya.

Menkominfo juga menyinggung tentang upaya mencegah serangan siber, Ia menilai arti penting penguatan teknologi enkripsi serta sistem dan tata kelola organisasi yang mumpuni dalam mengatasi masalah serangan siber dengan cepat. 

“Agar SDM yang tersedia juga mempunyai kemampuan-kemampuan dan wawasan yang memadai di era baru, era transformasi digital saat ini,” tandasnya.

Menteri Johnny menyatakan pekerjaan di bidang digital telah terdistribusi di berbagai sektor dan kementerian dan lembaga, termasuk Kominfo. Oleh karena itu, kolaborasi menjadi penting dalam membangun, mengawal, mengoperasikan dan menjaga ruang digital.