Cara Jadi Hacker : Asal Disiplin Dengan Cara-Cara Ini  Auto Mahir
Cara menjadi hacker (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sebelum memikirkan cara jadi hacker, atau kurva belajar untuk menjadi seorang hacker, tanyakan pada diri Anda satu pertanyaan, Mengapa Meretas? 

Percayalah, jawaban atas pertanyaan ini pasti akan menunjukkan kepada Anda beberapa cara. Kemungkinan jawaban untuk pertanyaan ini adalah,

  • Hanya tertarik
  • Untuk menguji Sistem
  • Bekerja sebagai Peretas

Menurut jawaban atas pertanyaan ini, rencanakan kurva belajar Anda. Ingat tidak ada jalan pintas, semuanya butuh waktu. Di bawah ini adalah beberapa langkah yang mungkin dapat membantu Anda menjadi Hacker yang Baik.

Cara Jadi Hacker 

Belajar jadi Hacker (Unsplash)
Belajar jadi Hacker (Unsplash)

 

Dapatkan LINUX/UNIX Langsung

LINUX/UNIX adalah sistem operasi open-source yang memberikan keamanan yang lebih baik untuk sistem komputer. Sebagai seorang peretas, LINUX tidak boleh dilewatkan karena ini adalah salah satu OS yang paling banyak digunakan untuk peretasan dan menyediakan banyak alat untuk peretas. 

Beberapa distribusi Linux yang umum adalah, Red Hat Linux, Kali Linux, Ubuntu, BackTrack, dll. Kali Linux adalah salah satu sistem Linux yang paling banyak digunakan dan secara khusus disesuaikan untuk peretasan.

Pelajari Ibu dari semua Bahasa Pemrograman

Ya, Anda menebaknya dengan benar! Pelajari pemrograman C. Itu juga disebut ibu dari semua bahasa pemrograman. Pemrograman C adalah dasar pembelajaran UNIX/LINUX karena OS ini sepenuhnya ditulis dalam C. 

Jadi, sebagai peretas, pemrograman C adalah sesuatu yang harus Anda kuasai karena memberi Anda kekuatan untuk memadukan sistem operasi open-source Linux di dalamnya. cara yang Anda inginkan. Juga, cobalah lebih dari satu bahasa pemrograman. Sebagai seorang hacker, Anda harus memiliki pengetahuan yang baik tentang setidaknya 2-3 bahasa pemrograman

Pelajari cara menjadi Anonim

Sebagai seorang hacker, ini adalah salah satu langkah penting yang harus diketahui. Sebagai seorang hacker, Anda mungkin melakukan banyak hal, beberapa mungkin legal, beberapa mungkin tanpa izin. 

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana menjadi anonim dan bagaimana seseorang dapat menyembunyikan identitas mereka secara online, sehingga akan ada satu jejak yang tersisa dan tidak ada yang dapat melacak Anda kembali.

Pelajari Konsep Jaringan

Langkah penting dan esensial lainnya untuk menjadi seorang hacker adalah menjadi baik dalam konsep jaringan dan memahami bagaimana jaringan dibuat. Anda harus memiliki pengetahuan tentang berbagai jaringan, protokol karena bermanfaat dalam mengeksploitasi kerentanan. 

Dengan demikian mempelajari berbagai konsep jaringan dan berbagai alat jaringan seperti Wireshark, Nmap, dll akan sangat bermanfaat. Percayalah, Peretasan adalah tentang bermain-main di Jaringan...

Jelajahi Web Tersembunyi

Web gelap adalah bagian dari internet yang tidak terlihat oleh mesin pencari dan memerlukan penggunaan peramban anonim yang disebut Tor, dll untuk dapat diakses.

Anda pasti pernah mendengar pembicaraan tentang "web gelap" sebagai sarang aktivitas kriminal — dan memang begitu. Namun tidak semuanya ilegal, dark web juga memiliki sisi yang sah. Jadi perlu untuk mengetahui sedikit tentang apa itu dan bagaimana cara kerjanya.

Tambahkan Seni Menulis Rahasia ke Skill Set Anda

Kriptografi, juga disebut seni menulis rahasia, Ini adalah sesuatu yang sebagai peretas harus Anda kuasai. Enkripsi dan Dekripsi adalah keterampilan penting dalam peretasan. Enkripsi banyak digunakan dalam beberapa aspek keamanan informasi dalam otentikasi, kerahasiaan, dan integritas data. 

Informasi di jaringan selalu dienkripsi seperti kata sandi, paket yang dikirim melalui jaringan, dll. Jadi, sebagai peretas, perlu untuk mengidentifikasi enkripsi dan memecahkannya.

Menyelam Jauh ke dalam Peretasan

Setelah Anda memiliki pengetahuan yang baik tentang topik yang dibahas sejauh ini, saatnya untuk menyelam lebih dalam. Mencoba menyelam jauh ke dalam konsep peretasan dan mempelajari topik seperti penilaian kerentanan, pengujian penetrasi, injeksi SQL, dan banyak lagi. Di bidang peretasan, pembelajaran tidak pernah berakhir karena keamanan berubah setiap hari dengan pembaruan baru dalam sistem. Dengan demikian Anda perlu diperbarui dengan alat dan cara terbaru untuk memecahkan sistem atau mengamankan sistem.

Jelajahi kerentanan

Satu kerentanan tunggal dan sistem akan menekuk lutut. Kerentanan adalah kelemahan atau celah dalam sistem. Mencari celah tersebut dengan memindai sistem, jaringan, dll. Cobalah untuk menulis kerentanan Anda sendiri dan mengeksploitasi sistem.

Bereksperimen dan Berlatih adalah Kuncinya

Setelah mempelajari beberapa konsep, duduklah dan paku. Terus latih mereka di berbagai lingkungan dan berbagai skenario. Siapkan lab Anda sendiri untuk tujuan eksperimen. Gunakan lab ini untuk menguji berbagai alat, serangan, dan banyak lagi.

Bergabunglah dengan Diskusi dan Temui Peretas

Hal terpenting bagi seorang hacker adalah membuat komunitas atau bergabung dengan forum yang akan membantu Anda untuk bergabung dalam diskusi dengan hacker lain di dunia. Ini akan membantu dalam pertukaran dan berbagi pengetahuan dan bekerja sebagai sebuah tim. Bergabunglah dengan berbagai komunitas di berbagai platform seperti Facebook, Telegram, Discord, dan lainnya.

Jadi, ini adalah langkah-langkah sederhana yang dapat membuat Anda menjadi Hacker yang Baik. Langkah-langkahnya mungkin berbeda dari individu ke individu tetapi hasilnya harus tetap sama! Beri tahu saya di bawah di komentar apa lagi yang dapat Anda tambahkan ke kurva belajar ini dan daftar ini membantu Anda menjernihkan pikiran tentang cara belajar Peretasan.

Setelah mengetahui cara jadi hacker, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!