Mudah dan Cepat, Begini Cara "Check Coverage" Iphone untuk Mengetahui  Masa Garansi & Layanan Dukungan
Ilustrasi smartphone Apple

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pengguna Apple setidaknya harus mengetahui cara check coverage iPhone agar dapat mengetahui garansi smartphone yang Anda gunakan.

Perlu diketahui, garansi hanya bisa diklaim jika masih dalam masa berlaku. Oleh sebab itu, garansi yang masih aktif akan sangat membantu, terlebih jika terjadi apa-apa pada iPhone milik Anda.

Dalam kasus membeli iPhone bekas, status garansi aktif akan menjadi asuransi apabila iPhone tersebut ternyata tidak dirawat dengan baik oleh pengguna pertama sehingga menyebabkan kerusakan.

Nah, Apple menyediakan beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengecek apakah iPhone masih dalam masa garansi atau tidak. Selain itu, Anda juga bisa mengecek status dukungan teknis lewat telepon dari Apple dan juga AppleCare.

Cara Check Coverage iPhone Lewat Laman Resmi Apple

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, Cara mengecek coverage iPhone sebenarnya sangat mudah. Mengecek status garansi bisa dilakukan lewat laman checkcoverage.apple.com.

Cara ini sangat berguna untuk mengecek garansi iPhone bekas yang akan dibeli. Akan tetapi, sebelum Anda mengecek coverage iPhone, ketahui dulu nomor seri iPhone yang Anda gunakan.

Asal tau saja, setiap produk Apple pasti memiliki serial number yang berbeda. Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir, sebab nomor seri tersebut bisa diketahui dengan mudah.

Nah, bagi yang belum mengetahui cara melihat nomor seri, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka pengaturan/setting, kamudian pilih menu general
  • Pilih menu About
  • Lihat nomor seri di bagian Serial Number

Setelah melihat nomor seri Iphone, langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan serial number tersebut ke laman resmi Apple agar dapat mengetahui status garansi ponsel Apple yang Anda gunakan.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka laman checkcoverage.apple.com
  • Masukkan nomor seri yang didapatkan sebelumnya ke kotak Enter Your Serial Number
  • Masukkan kode captcha
  • Klik tombol Continue

Jika nomor seri yang dimasukkan benar, Anda akan dibawa masuk ke halaman informasi soal produk Apple.

Dalam halaman tersebut, akan muncul informasi soal tanggal pembelian, perlindungan perbaikan, dan juga dukungan teknis.

Cara ini paling gampang diaplikasikan untuk mengecek coverage iPhone.

Cara Check Coverage iPhone Lewat Ponsel

Cara check coverage iPhone juga bisa dilakukan lewat melalui ponsel. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Masuk ke halaman pengaturan/setting
  • Pilih menu general
  • Pilih menu About
  • Tekan opsi menu Limited Warranty
  • Apple akan menampilkan coverage yang aktif saat ini.

Cara Check Coverage Iphone dengan Kartu Garansi

Cara mengetahui coverage iPhone juga bisa dilakukan dengan melihat kartu garansi. Adanya kartu garansi bisa jadi tanda bukti kapan waktu pembelian, garansi dimulai dan sampai kapan masa garansi selesai.

Apabila Anda membeli iPhone di toko resmi, sudad dipastikan akan mendapat kartu garansi. Jika kartu tersebut tidak diberikan, Anda bisa mempertanyakan keaslian smarphone tersebut.

Anda juga dizinkan untuk mengecek keaslian iPhone ketika membeli second. Anda wajib perhatikan segala informasi yang ada di ponsel. Mulai dari informasi IMEI, jenis iPhoe, warna, dan berbagai macam informasi lain yang terdapat di dalam kartu.

Hanya saja, cara ini tidak bisa dilakukan jika pengguna lama sudah kehilangan kartu tersebut. Apabila hal tersebut terjadi, check coverage iphone bisa dilakukan dengan cara-cara yang sudah disinggung di atas.