Elon Musk Jadikan Peiter Zatko sebagai Saksi untuk Melawan Twitter dalam Persidangan
Peiter Zatko, bakal dijadikan saksi melawan Twitter. (foto: twitter @mudge)

Bagikan:

JAKARTA - Elon Musk telah memanggil whistleblower Twitter Inc, Peiter Zatko, untuk mencari dokumen dan komunikasi tentang spam dari perusahaan media sosial itu dan dugaan kerentanan keamanan. Menurut gugatan pengadilan pada Senin, 29 Agustus, ini dilakukan saat miliarder itu berjuang untuk mengakhiri perjanjiannya untuk membeli Twitter seharga 44 miliar dolar AS,.

Musk mencari informasi dari whistleblower Peiter Zatko, sebagian besar tentang cara Twitter mengukur akun spam. Musk mengatakan dia akan meninggalkan kesepakatan akuisisi karena Twitter menyesatkan dia dan regulator tentang jumlah sebenarnya dari akun spam atau bot di platform microblogging itu.

Tetapi Musk juga mencari dokumen dan komunikasi tentang dugaan upaya untuk menyembunyikan kelemahan keamanan, kepatuhan dengan perjanjian Komisi Perdagangan Federal 2011 dan "keterlibatan Twitter dalam aktivitas yang melanggar hukum."

Peiter Zatko  yang di dunia peretas dikenal luas sebagai "Mudge," baru saja mengakhiri tugasnya sebagai kepala keamanan Twitter awal tahun ini, dan mengatakan dalam pengaduan pelapornya yang menjadi publik minggu lalu bahwa Twitter secara sengaja telah salah mengklaim bahwa mereka memiliki rencana keamanan yang solid.

Menurut Ann Lipton, seorang profesor di Tulane University Law School, informasi yang diperoleh Musk dari Zatko mungkin meletakkan dasar bagi kepala eksekutif Tesla Inc  ini  untuk memperkenalkan klaim penipuan baru dalam pertempuran hukumnya dengan Twitter.

Namun, dia mengatakan tidak jelas apakah hakim dalam litigasi Twitter akan mengizinkan Musk untuk mengajukan klaim tersebut mengingat jadwal yang ketat untuk kasus ini dan karena Musk mengabaikan uji tuntas sebelum menandatangani kontrak kesepakatan.

Seorang pengacara Twitter mengatakan pada sidang pengadilan pekan lalu bahwa fokus Musk pada spam sebagai cara untuk mengakhiri kesepakatannya untuk membeli perusahaan itu "tidak relevan secara hukum" karena Twitter selalu mengatakan jumlah spamnya hanya perkiraan, bukan representasi yang mengikat.

Kedua belah pihak telah menggugat satu sama lain dan sedang menuju ke pengadilan lima hari pada 17 Oktober. Musk ingin keluar dari kesepakatan dan Twitter meminta Kanselir Kathaleen McCormick dari Pengadilan Kanselir Delaware untuk memerintahkannya membeli perusahaan untuk kesepakatan yang disepakati, 54,20 dolar AS per saham.