Cuan! Harga Bitcoin Melejit Sampai Rp254 juta per Koin
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Nilai tukar dari uang digital, Bitcoin melonjak ke level tertingginya hari ini. Bahkan harganya kini tembus 18.000 dolar AS per koin atau setara dengan Rp254 juta (asumsi Rp14.000 per dolar). 

Harga ini merupakan rekor tertinggi dalam tiga tahun terakhir, sejak mencapai 20 Desember 2017. Di mana saat itu nilai tukar Bitcoin mencapai 20 ribu dolar AS per coin.

Mengutip Coindesk, Rabu 19 November, hingga pukul 15.34 WIB, Bitcoin diperdagangkan di kisaran 17.515 dolar AS per koin atau setara Rp251,51 juta. Harga yang diperdagangkan sekitar 8,6 persen atau naik 18.172 dolar dari kemarin.

perdagangan bitcoin (Coindesk)

Menurut analis pasar, kenaikan harga bitcoin terjadi karena beberapa faktor. Pertama, pelemahan dolar AS dari mata uang negara lain dalam beberapa waktu terakhir.

Pelemahan dolar AS tak lepas dari buruknya prospek ekonomi usai tertekan pandemi virus corona atau covid-19. Kedua, investor melihat bitcoin bisa menjadi instrumen investasi alternatif yang cukup layak di tengah ketidakpastian.

"Mereka (investor) semua bertaruh besar pada bitcoin sebagai pelindung terhadap inflasi, ketidakpastian, dan gejolak di 2020," ungkap CEO Lolli Alex Adelman

Selain itu minat terhadap Bitcoin juga semakin tinggi, di mana banyak investor yang mulai menggunakan koin digital tersebut. Termasuk sejumlah perusahaan yang mulai mencoba transaksi bitcoin seperti Fidelity Investments, Square, dan PayPal.