Harga iPhone 14 Diperkirakan 15 Persen Lebih Mahal dari iPhone13
Apple segera meluncurkan produk barunya. (foto: ary julianto/voi.id)

Bagikan:

JAKARTA - Apple diperkirakan akan membuat harga iPhone 14 mendatang jauh lebih mahal daripada iPhone 13. Hal ini dilaporkan oleh  analis Apple Ming-Chi Kuo. Ia meyakini harga jual rata-rata (ASP) gabungan lineup iPhone 14 bisa naik 15 persen jika dibandingkan dengan lineup iPhone 13.

Sebagai referensi, model iPhone 13 standar mulai dari  799 dolar AS (dengan diskon operator), sedangkan model Pro dan Pro Max masing-masing menaikkan harga hingga  999 dan  1.099 dolar AS.

Sementara Kuo tidak menyebutkan prediksi harga untuk masing-masing perangkat, dia berpikir ASP dari jajaran iPhone 14 (termasuk model Pro) dapat berkisar antara  1.000 hingga  1.050 dolar AS. Kuo menyebut peningkatan ASP pada iPhone Pro dan Pro Max yang berpotensi lebih mahal, serta "proporsi pengiriman yang lebih tinggi."

— (Ming-Chi Kuo) (@mingchikuo) 10 Agustus 2022

Pada bulan Juni, analis Wedbush Securities Dave Ives mengatakan kepada The Sun bahwa ia memperkirakan iPhone 14 berharga  100 dolar AS lebih mahal daripada iPhone 13 karena kenaikan harga yang mempengaruhi rantai pasokan global. Sementara itu, rumor dari pembocor Korea Lanzuk menunjukkan bahwa Apple hanya akan menaikkan harga model Pro, bukan iPhone dasar 14.

Sementara iPhone 14 versi dasar diharapkan hadir dengan kamera belakang 48 megapiksel yang ditingkatkan dan kamera selfie dengan fokus otomatis, model iPhone 14 Pro dan Pro Max dikabarkan akan mendapatkan sebagian besar peningkatan.

Namun iPhone 14 versi Pro dan Pro Max mungkin membuang takik yang menampung kamera depan dan mendukung lubang pelubang berbentuk pil, dilengkapi dengan chip A16 baru, dan mendukung layar selalu aktif.