Miliarder Mark Cuban Sebut Dogecoin (DOGE) Lebih Unggul dari Cardano (ADA), Dalam Hal Apa?
Dogecoin dan Cardano. (FintechsFi)

Bagikan:

JAKARTA – Mark Cuban, miliarder asal Amerika Serikat dan pemilik klub basket NBA Dallas Maverick, membagikan pandangannya terkait mata uang kripto. Menurutnya, Cardano (ADA) memang memiliki beragam aplikasi di jaringannya namun Dogecoin (DOGE) memiliki potensi yang lebih besar.

Pernyataan disampaikan sosok yang lahir di Pittsburgh, Pennsylvania, AS pada 31 Juli 1985 itu dalam wawancara dengan Altcoin Daily. Menurutnya, Dogecoin memiliki lebih banyak aplikasi potensial untuk saat ini meskipun Cardano mungkin memiliki peluang lebih besar sebagai platform smart contract.

Lebih lanjut, miliarder itu menilai bahwa Cardano tidak memberikan dampak signifikan kendati telah berhasil meluncurkan smart contract pada tahun lalu. Dia juga menambahkan bahwa orang Afrika tidak banyak yang menggunakan blockchain seperti yang diharapkan pihak Cardano.

Ini bukan yang pertama kalinya Cuban mempertanyakan kemampuan Cardano. Pada tahun lalu, dia juga sempat melakukan hal yang sama melalui postingan Twitter-nya.

“Apakah Anda, secara pribadi? Mampu menggunakan ADA untuk apa saja? Jika demikian, untuk apa Anda menggunakannya? Itulah pertanyaan yang saya tanyakan tentang semua kripto. Apakah Anda tahu Anda menggunakannya untuk apa pun yang menurut Anda berharga?” tulis Cuban saat itu.

Mengomentari pernyataan sang miliarder, pendiri Cardano Charles Hoskinson menyatakan kekecewaannya dan berharap dia dan Cuban bisa berdiskusi dalam suatu kesempatan.

Di sisi lain, Dogecoin (DOGE) memang sedang dalam tahap peningkatan secara besar-besaran melalui The Dogecoin Foundation. Yang terbaru, mereka berencana menjadikan DOGE sebagai alat tukar. Pengembang DOGE juga telah berhasil menguji coba pengiriman koin meme tersebut tanpa menggunakan internet. Transfer DOGE bisa dilakukan dengan menggunakan transmisi radio satelit.

Saat penulisan Dogecoin diperdagangkan di harga Rp1.085. Harga DOGE naik 3,5% dalam 24 jam terakhir, menurut data dari Coingecko. Sementara DOGE sempat tembus harga tertinggi sepanjang masanya (ATH) Rp10.338, yang tertoreh pada 8 Mei 2021.

Sementara harga Cardano berada di level Rp7.906, mengalami penurunan 1,5% dalam 24 jam terakhir. Pada 2  September 2021, ADA tembus ATH di level Rp44.039. Saat ini ADA berada di urutan ke-7, sementara DOGE menempati posisi ke-11 daftar kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasarnya.