Akun Bisnis PayPal Tidak akan Bisa Lagi Lakukan Pembayaran dengan Metode Friends and Family
PayPal mengakhiri pembayaran Teman & Keluarga tanpa biaya untuk akun bisnis (foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - PayPal meluncurkan dua perubahan pada struktur harga peer-to-peer di Amerika Serikat dengan menyederhanakan struktur biaya barang dan layanan dan mengubah cara akun bisnis AS menerima pembayaran.

Dalam siaran persnya, perusahaan mengatakan, mulai 28 Juli, hanya akun PayPal pribadi saja yang bisa mendapatkan dana melalui Teman & Keluarga. Transaksi ini ditujukan untuk penerima terpercaya.

Sebagai pengguna PayPal pasti Anda sudah tahu bahwa ada dua cara mengirim uang di PayPal,yang pertama adalah Teman & keluarga (Family & Friend) dan Barang dan Layanan (Gods & Service).

Melansir The Verge, F&F dimaksudkan untuk membayar ke seseorang yang Anda tahu siapa penerima dana dan untuk apa Anda membayarnya. Dengan cara ini, biasanya pembayaran tidak dikenakan biaya tambahan, namun tetap ada perlindungan untuk masalah yang muncul, seperti pengembalian uang atau penipuan.

Sedangkan G&S ditujukan untuk pembelian, dan uang yang dikirim dengan cara ini dikenakan biaya PayPal. Dengan G&S, jika barang yang Anda beli tidak seperti yang dijelaskan, rusak saat tiba, atau tidak pernah sampai ke pembeli, Anda dapat dengan mudah mendapatkan pengembalian dana untuk pembelian tersebut.

Banyak bisnis yang melakukan transaksi menggunakan akun bisnis PayPal dan menerima pembayaran barang dan jasa melalui F&F, untuk menghindari biaya penjual.

Tapi sekarang, perusahaan melarang hal tersebut. “Dalam beberapa minggu mendatang, pelanggan A.S. sekarang hanya dapat mengirim pembayaran peer-to-peer Teman dan Keluarga ke akun PayPal konsumen,” tulis perusahaan, dikutip Selasa, 5 Juli.

Lebih lanjut, perusahaan menjelaskan bahwa pembaruan ini membantu memastikan bahwa pembelian Barang dan Jasa yang memenuhi syarat akan dilindungi untuk kedua belah pihak dan akan mendorong konsistensi pada platform, sekaligus menghilangkan kebingungan seputar pembayaran mana yang memenuhi syarat untuk perlindungan pembeli dan penjual.

“Ini juga akan memungkinkan PayPal untuk membantu bisnis dengan benar merekonsiliasi penyimpanan data dan mengatur pendapatan pribadi dan bisnis. Pemegang akun bisnis dapat terus mengakses fitur khusus bisnis seperti pelaporan otomatis, pembuatan faktur, akses multi-karyawan, dan banyak lagi,” sambung perusahaan.

Dalam pengumuman yang sama, PayPal juga mengatakan struktur biaya transaksi untuk barang dan jasa akan berubah mulai akhir bulan ini. Saat ini, penjual membayar 2,89 persen ditambah 0,49 dolar AS (Rp7 ribu) per transaksi, tetapi mulai 28 Juli, itu akan berubah menjadi 2,99 persen tanpa biaya tetap tambahan.

Terkait