Mau Membatalkan Pembayaran di PayPal? Begini Caranya!
Cara membatalkan pembayaran di PayPal (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - PayPal merupakan salah satu alternatif yang biasa Anda gunakan untuk melakukan pembayaran ataupun melakukan transaksi online lainnya. 

Layaknya rekening bank, m-banking atau dompet digital lainnya, PayPal juga bisa Anda gunakan untuk mentransfer sejumlah uang ke orang lain.

Namun, karena itu tersedia dalam bentuk online, maka tidak ada yang menjamin keamanannya 100 persen. Bisa saja Anda menjadi korban penipuan atau mungkin terjadi kesalahan pembayaran. Untungnya, Anda masih memiliki harapan untuk mengambil kembali dana PayPal Anda. 

Apakah Bisa Membatalkan Pembayaran PayPal?

Jika Anda merasa telah ditipu seseorang atau terjadi kesalahan pembayaran, PayPal akan membiarkan Anda membatalkan pembayaran hanya jika pembayaran tersebut belum diklaim oleh penerima. Dalam hal ini, Anda cukup mengklik tombol di situs web PayPal, dan uang Anda akan dikreditkan kembali ke akun Anda.

PayPal juga akan secara otomatis mengembalikan uang ke akun Anda, jika Anda secara tidak sengaja mengirim uang ke alamat email yang tidak memiliki akun PayPal, atau alamat email yang terkait dengan akun PayPal tidak dikonfirmasi. 

Sayangnya, sebagian besar pembayaran PayPal bersifat instan, artinya pembayaran diklaim dapat dengan cepat. Dengan begitu, artinya, Anda tidak memiliki banyak kesempatan untuk membalikkan transaksi Anda. 

Cara Membatalkan Pembayaran yang Tidak Diklaim PayPal

  1. Luncurkan browser web di komputer dan buka PayPal
  2. Masuk ke akun Anda di situs
  3. Saat layar utama PayPal terbuka, di bilah menu di bagian atas, pilih Activity
  4. Temukan pembayaran untuk dibatalkan, dan di sebelahnya, klik opsi Cancel. Pada halaman berikutnya, pilih Cancel Payment
  5. Jika Anda dapat membatalkan pembayaran, uang tersebut akan kembali ke akun Anda
  6. Jika Anda tidak menemukan opsi Cancel, maka Anda telah diklaim, yang berarti Anda tidak dapat membatalkannya. 

Cara Membatalkan Pembayaran yang Diklaim PayPal

Jika pembayaran Anda sudah diklaim, maka Anda tidak dapat membatalkannya menggunakan metode di atas. Namun, masih ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mendapatkan uang Anda kembali.

Cara pertama yang paling mungkin adalah dengan meminta pengembalian dana langsung kepada si penerima secara pribadi. Jika mereka setuju, maka uang Anda mungkin akan dikembalikan. 

Tapi, jika penerima menolak untuk mengembalikan pembayaran, dan Anda merasa telah ditipu, Anda dapat mengajukan aduan kepada PayPal, yang kemudian akan ditinjau oleh pihak PayPal.

  1. Untuk mengajukan aduan, akses Pusat Penyelesaian PayPal dan klik Report a Problem
  2. Pilih transaksi yang Anda perlu bantuan dan pilih Continue
  3. Ikuti petunjuk di layar untuk mengirimkan laporan Anda, lalu tunggu PayPal menghubungi Anda kembali