Iklan Samsung  Galaxy Tahan Air Ternyata Bohong, Samsung Kena Denda di Australia
Iklan Samsung tahan air dianggap menyesatkan. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Regulator persaingan Australia mengumumkan pada Kamis, 23 Juni,  bahwa pengadilan memerintahkan unit lokal Samsung Electronics   untuk membayar denda  14 juta dolar Australia (Rp 143,4 miliar) untuk sembilan iklan menyesatkan tentang fitur tahan air di beberapa smartphone-nya.

“Samsung Australia mengaku telah menyesatkan pembeli beberapa ponsel 'Galaxy' tentang tingkat ketahanan air,” kata Komisi Persaingan & Konsumen Australia (ACCC), seperti dikutip dari Reuters. Regulator pertama kali menggugat perusahaan itu pada Juli 2019.

Samsung Australia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ini bukan masalah dalam model yang lebih baru dan saat ini.

Regulator mengatakan antara Maret 2016 dan Oktober 2018, perusahaan memasang iklan di dalam toko dan media sosial yang mengklaim ponsel dapat digunakan di kolam renang atau air laut.

ACCC, telah menerima ratusan keluhan dari pengguna yang mengatakan bahwa smartphone tidak berfungsi dengan baik atau bahkan berhenti bekerja sepenuhnya setelah terkena air.

“Klaim tersebut  yang mempromosikan nilai jual yang penting untuk ponsel Galaxy ini. Banyak konsumen yang membeli ponsel Galaxy mungkin telah terpapar iklan yang menyesatkan itu sebelum mereka membuat keputusan untuk membeli ponsel baru," kata Ketua ACCC, Gina Cass-Gottlieb.

Menurut Samsung Australia, seperti dikutip Reuters, pihaknya dan ACCC telah sepakat bahwa perubahan yang dilakukan perusahaan pada model smartphone yang lebih baru, yang diluncurkan di Australia mulai Maret 2018, tidak menghadapi risiko seperti itu dari paparan air.